oleh

RPS PMKS Bukti Nyata Pemkab Tuban Memanusiakan Manusia

seputartuban.com, TUBAN – Kabupaten Tuban sudah memiliki Rumah Perlindungan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (RPS PMKS). Hal ini sebagai bukti kerja keras Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Tuban. Sekaligus bukti nyata kepedulian pemerintahan Kabupaten Tuban seluruh warga. Lebih dari itu, ini merupakan wujud nyata perlindungan sosial dari pemerintah daerah untuk PMKS terlantar dan korban tindak kekerasan.

RPS PMKS yang berada di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 36 Tuban itu sudah mulai dioperasionalkan. Setelah dipastikan kesiapan bangunan, sarana penjunang, personil hingga sistem manajemennya. Diantaranya Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai dasar memberikan pelayanan. Yang saat ini sudah dilakukan tinggal penyelesaiannya.  Untuk personil saja, setidaknya dibutuhkan pekerja sosial, penjaga keamanan, administrasi hingga psikiater.

Masyarakat yang menjadi korban tindak kekerasan perempuan dan anak, orang terlantar (kehabisan bekal dalam perjalanan) serta anak dan lanjut usia terlantar. Kemudian tuna sosial akan mendapatkan pelayanan.

Plt Kepala Dinsos P3A Kabupaten Tuban, Joko Sarwono mengungkapkan keberadaan RPS PMKS ini sangat penting. Karena selama ini dinas selalu mendapat kendala saat menangani PMKS. Selain tempat terbatas yang menjadi satu dengan kantor, juga harus mengirim PMKS ke luar daerah yang menangani. “Penanganan RPS PMKS 24 jam, semoga ini bisa jadi solusi. Karena sebelumnya kita terkendala banyak hal jika masih belum punya RPS,” katanya.

RPS ini disipakan secara prima melayani. Mulai kesiapan personil staf hingga perawat yang secara berkala mengunjungi penghuni RPS. Selain itu akses komunikasi akan dibuka kepada seluruh kepala desa maupun kepala kelurahan. Sehingga jika ditemukan PMKS dapat segera tertangani. Selain itu mengoptimalkan relawan sosial tiap kecamatan. “Kita sudah mulai operasionalkan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, RPS PMKS juga disiapkan pelayanan ambulan gratis bagi warga kurang mampu. Diharapkan layanan ini dapat lebih banyak dan luas jangkauan manfaatnya kepada masyarakat Tuban. Serta sudah dilakukan kespahaman bersama atau Memorandum Of Understanding (MOU) dengan RSUD dr. R Koesma Tuban untuk penanganan bagi pasien yang sedang sakit. Sehingga seluruhnya sudah disiapkan secara sistematis. “Semuanya sudah finalisasinya, sambil terus kita evaluasi,” ungkap Joko.

Bentuk Pelayanan RPS PMKS

  1. Penyediaan rumah aman dan pemulihan kondisi mental psikologis bagi korban tindak kekerasan selama masa asesmen dan proses hukum
  2. Tempat persinggahan bagi orang terlantar yang dikarenakan kehabisan bekal dan kehilangan serta kondisi tertentu sebelum melanjutkan
  3. Bimbingan sosial, mental dan konseling bagi korban tindak kekerasan dan PMKS tertentu yang membutuhkan
  4. Penampungan dan perawatan PMKS sebelum menerima rujukan lanjutan, baik ke panti, rumah sakit maupun pemulangan ke tempat asal
  5. Penanganan dan perawatan berkeluarga bagi PMKS yang tidak memenuhi persyaratan masuk panti, seperti : pasien terlantar yang membutuhkan rawat jalan atau Tidak mempunyai Tempat Tinggal Tetap (T4) dari rumah sakit dan lanjut usia terlantar yang tidak dapat beraktifitas.

Call Center RPS PMKS Kab. Tuban : 0852 3444 0551

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru