oleh

Baznas Tuban Bangkitkan Warga Lumpuh Dengan Bebek Petelur

seputartuban.com, PARENGAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban, memiliki cara sendiri dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Seperti di Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Pria yang sudah lumpuh dan tidak lagi dapat produktif dibantu agar perekonomian keluarganya tidak semakin terpuruk. Dengan beternak bebek petelur.

Patah, warga Dusun Karang, RT 06 RW 04, Ds. Sukorejo usai kecelakaan 7 tahun silam menyebabkan kelumpuhannya hingga sekarang. Kini dalam hidupnya hanya berbaring di tempat tidurnya. Sedangkan dia masih memiliki 2 anak. Saat ini kelas XII atau 3 SMA dan adiknya masih sekolah dasar.

Beruntung, istrinya merupakan pekerja keras. Sejak dia lumpuh, perempuan pendamping hidupnya yang menjadi tulang punggung keluarga. Dengan modal 100 ekor bebek petelur, dia didampingi seorang peternak memulai usahannya. Bahkan ditambah 100 ekor lagi dititipkan kepadanya agar pendapatan telurnya bertambah. Karena tiap telur yang terjual ada bagi hasil yang akan diterimanya.

SUMBER BARU : Pimpinan Baznas Kab. Tuban saat memberikan bantuan secara simbolis yang diterima istri Patah

Sekretris Baznas Kabupaten Tuban, Eko Julianto saat mengunjungi keluarga ini mengatakan bahwa dari hasil ternak bebek petelur inilah yang menjadi sumber kehidupan keluarga mereka. “Hasilnya untuk kebutuhan makan sehari-hari dan biaya sekolah anaknya,” ungkapnya.

Melihat kondisi keluarga patah, salah satu pimpinan Baznas Tuban juga turut mengunjungi langsung dan menyerahkan bantuan modal usaha kepada keluarga ini. Berupa 50 ekor bebek petelur lagi. Sehingga saat ini keluarga patah memiliki 150 ekor dari 250 ekor yang sedang diternaknya.

“Bantuan ini merupakan dorongan dan kepedulian BAZNAS atas kondisi keluarga Pak Patah. Dana zakat dari para Muzakki di Kab. Tuban disalurkan kepada warga yang memerlukan bantuan. Seperti keluarga Pak Patah. Kami berharap bantuan ini bisa menambah penghasilan keluarga dan meningkatkan produktivitas usaha yang dikelola istri pak Patah,” harapnya.

Diketahui, Baznas Tuban juga sudah menyalurkan bantuan produktif di wilayah lainnya. Termasuk bantuan biaya hidup bagi warga yang membutuhkan di wilayah Kecamatan Parengan dan Kecamatan Bangilan belum lama sebelumnya. NAL

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru