oleh

Ribuan Aparat Diterjunkan Amankan Pilkada Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Kesiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban, Selasa (08/12/2020) Polres Tuban melakukan apel kesiapan pasukan. Bertempat di Lapangan Mapolres Tuban. Hal ini dilakukan jelang sehari pemilihan, 9 Desember 2020.

Sebanyak 5.375 personel  diterjunkan  untuk mengamankan jalannya Pilkada. Dengan rincian personel Polres Tuban sebanyak 573. dibantu 328 personel TNI, Linmas 4.474 personel. Dibantu satu pleton Brimob, 2 pleton Dalmas Polda Jatim. Serta 1 pleton dari Polres Bojonegoro. Mereka disiagakan untuk mengamankan 2.237 TPS yang tersebar di 328 desa dan kelurahan di 20 kecamatan se-Kabupaten Tuban.

Usai Apel pergeseran pasukan, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Karena melaksanakan Pilkada dalam situasi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tugasnya mereka selain menjaga situasi agar tetap kondusif juga tetap menegakkan protokol kesehatan.

“Segera sesuaikan, segera adaptasi dengan situasi yang ada. Khususnya rekan dari Polres yang ditugaskan ke Polsek jajaran dan tetap jaga netralitas,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai kerawanan wilayah, Ruruh menjelaskan, dari hasil penilaian indeks potensi kerawanan Pilkada, Kabupaten Tuban termasuk yang kurang rawan. Namun demikian, pihaknya tetap menyiapkan langkah-langkah persiapan potensi kerawanan yang ada akan diminimalisir. “Meski tidak masuk dalam daerah rawan, skan tetapi kami tetap siapkan langkah -langkah  antisipasi potensi kerawanan,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru