oleh

Ratusan Siswa PKBM Adhyaksa Tuban Jalani UAS, Butuh Pendidikan Vokasi

seputartuban.com, TUBAN – Para siswa Program Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Adhyaksa Tuban, selama 2 hari menjalani Ujian Akhir Semester (UAS) 1 tahun pelajaran 2021/2022. Para siswa dari pendidikan kesetaraan paket A, B dan C mengikuti kegiatan ini.

Direktur PKBM Adhyaksa Tuban, Cipnal Muchlip M, mengatakan kegiatan UAS merupakan rangkaian dari pembelajaran yang dilakukan para siswa pendidikan kesetaraan. “Ya memang harus dijalani, kita operasikan PKBM ini bukan formalitas diatas kertas saja. Tapi benar-benar kita jalani,” ungkapnya.

Siswa dibagi menjadi 2 lokasi UAS. Yakni di SDN Guwoterus 02, wilayah Kecamatan Montong dan SDN Kumpulrejo 02, wilayah Kecamatan Parengan. “Karena PKBM ini 100% gratis jadi ya kekuatannya ada di swadaya para pengurus dan tutor. Bersyukur para warga belajar juga semangat mengikuti prosesnya,” imbuhnya.

Selain program rutin pembelajaran yang diampu oleh para tutor, para warga belajar yang berusia dewasa dan sebagian besar sudah berkeluarga itu juga akan diberikan pendidikan vokasi. Yakni pendidikan keahlian untuk bekal kehidupan. Diharapkan ada perubahan kualitas ekonomi kehidupan mereka.

“Kita baru kelas 1 dan 2, sekitar 200 lebih siswa. Kita harapkan ada pihak yang ikut peduli untuk membantu pendididikan vokasi warga belajar. Karena sumber swadaya kita terbatas. Vokasi yang dibutuhkan beragam mulai menjahit, bordir, pembuatan kue kering, las, bengkel dan lainnya,” ungkapnya.

Para siswa yang berasal hampir dari semua wilayah kecamatan di Kabupaten Tuban itu dibagi menjadi kelas di Kecamatan Montong dan Kecamatan Parengan. “Kita programkan juga ada kunjungan industri untuk warga belajar setelah UAS. Tapi melihat situasi Covid-19 sampai memungkinkan kita kunjungan industri,” pungkas tokoh penggerak sosial Tuban itu. RHOFIK SUSYANTO