oleh

Puting Beliung Sapu 2 Desa Di Jenu

Penulis : Hanafi

JENU

seputartuban.com – Angin puting beliung disertai hujan lebat menerjang kawasan penduduk di Desa Jenggolo dan Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin (31/12/2012). Sedikitnya 2 rumah rusak ringan, 2 kandang sapi rusak berat dan sebuah gudang diduga sebagai tempat timbunan oli bekas porak-poranda.

Diketahui rumah yang rusak tersebut milik Wiyadi (30) warga Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Bagian atap rumah yang terbuat dari asbes itu hancur dihempas puting beliung. Sedangkan rumah lainnya milik Warno (40) warga setempat yang juga mengalami kerusakan pada bagian belakang rumah. Hingga dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu roboh.

Sedangkan untuk 2 kandang sapi juga mengalami rusak berat. Masing-masing milik Makruf (38) rata dengan tanah sedangan milik Gunadi (35),  roboh. Salah satu pemilik kandang, Makruf, saat dikonfirmasi, Selasa (1/1/2013) mengatakan bahwa, seluruh bangunan kandang sapi rata dengan tanah, termasuk dinding pagarnya. Dia juga menambahkan, terdapat 4 sapi yang berada di dalam kandang. “1 sapi yang terluka punggungnya saat tertimpa dinding pagar kandang, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Siswo, mengungkapkan, puting beliung yang disertai hujan itu menerjang rumah tetangganya terjadi pada sore hari.

Kerusakan paling parah terjadi pada kandang sapi milik Makruf. Karena semua bangunan kandang dan dindingnya roboh hingga menimpa salah satu sapinya.  “Kami belum mengetahui jumlah kerugiannya, karena setiap rumah dan kandang berbeda kerusakannya. Akan kami data jumlah rumah dan kandang yang mengalanmi rusak dan akan dilaporkan, ” katanya .

Tidak hanya itu, angin puting beliung juga merobohkan baliho berukuran 6 meter x 5 meter  yang berada di KM 10, Jl. Pantura Tuban – Jenu, desa setempat. Kerusakan lain juga terjadi gudang diduga oli bekas yang berada Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Terkait kepemilikan gudang tersebut, salah satu pekerjanya, mengaku tidak mengetahui siapa pemiliknya.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Hingga saat ini belum ada perhatian serius dari pihak terkait atas kerusakan yang terjadi.

Foto : Gudang di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban jadi korban puting beliung

Terbaru