oleh

PPKM Darurat Tuban, Masjid Kota Tutup Di Desa Buka Biasa

seputartuban.com, TUBAN – Sejumlah tempat ibadah umat muslim dijaga ketat oleh Satgas Covid-19. Sehingga jamaah, salah satunya salat Jumat juga tidak ada, warga yang akan menunaikan salat kembali kerumah masing-masing, Jumat (9/7/2021) khususnya wilayah Tuban kota.

Dari pantauan seputartuban.com, sejumlah masjid di wilayah Tuban kota, terpasang banner himbauan yang bertuliskan PPKM Darurat 2021. Mohon maaf ditutup Sementara. Selain pemasangan himbauan, juga nampak pintu gerbang masjid juga digembok. Salah satunya yakni Masjid Agung Tuban.

Kapolsek Tuban, AKP M. Geng Wahono mengatakan berkaitan adanya intruksi Mendagri Nomor 15 tahun 2021, kemudian bersamaan juga  dengan adanya Surat Edaran (SE) Gubernur Jatim dan SE Bupati Tuban.

Berkaitan dengan adanya lokasi-lokasi atau akses-akses untuk tempat ibadah, dalam hal ini adalah masjid untuk dilkukan penutupan sementara. “Berkitan dengan adanya penanganan penyebaran covid-19, dimana diwilayah kita ini sangat tinggi sekali baik angka yang terkonfirmasi maupun angka yang meninggal dunia.” katanya.

Geng menambahkan, tentunya pemerintah sudah mempertimbangkan segalanya dan sudah melakukan kajian-kajian penutupan tempat ibadah. Maka masyarakat dihimbau untuk beribadah di rumah agar dapat memutuskan penyebaran Covid-19.

“Makanya kami bersama-sama dengan ini Satpol PP bersama dengan steakholder lainnya. Untuk bersama-sama melakukan pengamanan sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan salat dirumah,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya mengaku Masjid Agung  sebagai barometer Masjid di Kabupaten Tuban apabila ada salat jamaah akan terjadi kerumunan luar biasa. Sehingga sangat beresiko terkait PPKM Darurat. “Masyarakat wilayah kota 80% bisa dikatakan patuh prokes maupun patuh apa yang dijadikan intruksi dari  menteri dalam negeri maupun Bupati,” pungkasnya.

Sementara itu, yang terjadi di wilayah pedesaaan Kabupaten Tuban sebagian besar bertolak belakang dengan hal diatas. Aktivitas masyarakat maupun kegiatan salat berjamaah di Masjid tidak berbeda dengan hari-hari biasa. Sehingga pengetatan ini terkesan hanya berlaku maksimal di wilayah Tuban kota. Salat jumat juga biasa dilakukan di masjid-masjid di desa. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru