Porprov VIII 2023 Dianggarkan Miliaran Rupiah, Bagaimana Peran KONI Tuban ?

Dana Miliaran Rupiah Untuk Apa Saja ?

seputartuban.com, TUBAN – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Tahun 2023 tinggal hitungan bulan. Jika mengacu beredarnya surat usulan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jatim tertanggal 2 Februari 2023 yang ditujukan kepada Gubernur Jatim melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jatim, ajang bergengsi tingkat Jatim ini digelar kisaran Juli 2023. Tuan rumahnya Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Jombang.

Kabupaten Tuban dengan peringkat 12 pada Porprov VII 2022 nampaknya sudah siap untuk memberangkatkan kontingennya berjuang dalam kejuaraan ini. Anggaran untuk keberlangsungan kontingen sudah disiapkan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Data yang dihimpun seputartuban.com total rencana duit yang disiapkan oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban untuk kesuksesan Porprov VIII 2023 mencapai miliaran rupiah.

Data yang dihimpun seputartuban.com dalam sistem rencana umum pengadaan, sejumlah pos anggaran kontingen Tuban telah dipublikasikan dalam pengadaan untuk Porprov VIII 2023 sekitar Rp 2,1 M. Untuk pengadaan kaos kaki, sepatu, tas, jaket dan training kontingen, penginapan hotel, sewa kendaraan kontingen dan makan minum kontingen. (selengkapnya lihat gambar).

Namun kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban M. Emawan Putra ketika dikonfirmasi menyampaikan anggaran keikutsertaan Porprov VIII Tahun 2023 berkisar Rp 2,7 miliar. Hanya saja, dirinya tak menjelaskan secara detail rincian rencana penggunaan anggaran tersebut. Apakah hanya Rp 2,7 miliar saja atau ditambah dengan Rp 2,1 miliar (sesuai data seputartuban.com) tidak dijelaskan.

Ditanya kesiapan menyongsong kejuaraan itu, M. Emawan Putra mengaku segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk KONI Tuban. ‘’Insya Allah dalam waktu dekat kami bersama KONI akan segera melaksanakan Puslatkab,’’ kata dia ketika dikonfirmasi via ponselnya tanpa menjelaskan sejuahmana peran dan tugas KONI Tuban pada Porprov VIII 2023.

Termasuk apakah bonus para atlet yang meraih prestasi sudah disediakan dalam anggaran yang ia sebutkan apa belum. Mengingat dalam Poprov VII 2022 lalu bonus atlet berselang lama kemudian baru dibagi. Sedangkan dalam sistem rencana pengadaan umum 2023 belum tercantum bonus atlet Porprov VIII. Yang sudah terpublikasikan yakni hadiah untuk lomba tingkat kabupaten, kelurahan dan kecamatan diluar kegiatan Porprov (sesuai gambar).

data hadiah lomba
Data hadiah lomba tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. sumber data rencana pengadaan/seputartuban.com

Pengalaman Porprov sebelumnya, KONI Tuban memiliki peran penting dengan digelontor anggaran yang cukup gede. Terlebih pada Porprov VI 2019, Kabupaten Tuban menjadi salah satu tuan rumah dan ditunjuk tempat closing ceremony. Berbanding terbalik pada Porprov VII 2022, Koni Kab. Tuban tidak cukup berperan banyak. Sekretaris Umum KONI Tuban, Zainal Maftuhien memilih enggan berkomentar perihal ini. Dirinya meminta untuk konfirmasi langsung ke dinas terkait. ‘’Sebaiknya langsung ke Disbudporapar,’’ jawab dia singkat.

Sampai berita ini diunggah, Ketua Umum KONI Tuban Mirza Ali Manshur belum bisa dikonfirmasi. Saat dikirim pertanyaan via whatsApp belum merespon. (ami/nal)

Print Friendly, PDF & Email