Published On: Sen, Des 2nd, 2019

Pertama Kali Catat Sejarah, Atlet Difabel Tuban Borong Medali Kejurda NPCI Jatim

seputartuban.com, TUBAN – Meski baru setahun dibentuk, National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) berhasil menorehkan prestasi dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jatim. Tidak hanya itu, ini kali pertama Tuban mampu meraih prestasi bahkan meraih banyak medali emas dan medali lainnya.

JUARA LUAR DALAM : Para atlet saat bertanding lomba lari. Pantang menyerah dengan keadaan

Mereka meski memiliki keterbatasan fisik, namun semangat meraih prestasi tidak meredup. Tidak hanya mampu mengalahkan dirinya sendiri, namun juga mampu mengalahkan lawan-lawannya sesama difabel dalam Kejurda atletik NPCI Jatim 2019. Yang dilaksanakan di Jatim 2019 di lapangan atletik THOR Surabaya, Jumat (29/11/2019) sampai Minggu (01/12/2019).

Tuban mengirimkan 10 atlet, dengan rincian 7 putra dan 3 putri. Selain itu juga 4 official dengan rincian 3 putra dan 1 putri. Mereka mampu meraih prestasi tinggi. Yakni 3 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

Atlet yang meraih medali emas adalah Siti Fatimah dalam lomba lari 400 meter kategori daksa uper 46. M. Saerozi dalam lompat jauh (daksa uper 46) serta Muali dalam tolak peluru (celebral pulsy).

Kemudian perih medali perak adalah Siti Fatimah dalam lompat jauh. M. Saerozi dalam lempar lembing dan Lamsir dalam lempar lembing (daksa lower 42/duduk).

Sedangkan peraih medali perunggu adalah M. Saerozi dalam lari 100 meter. Siti Fatimah dalam lari 100 meter serta Muali dalam lari 100 meter serta Lamsir dalam tolak peluru.

SEJARAH BARU TERUKIR : Kabid Olahraga, Dispabudpora (tengah) foto bersama dengan peraih medali

Kepala Bidang Olahraga, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Zaenal Mafthien, Senin (02/12/2019) mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas prestasi ini. Tidak hanya para atlet yang mampu meraih prestasi tingkat Jatim. Namun juga sejarah baru terukir, Tuban baru pertama memiliki atlet difabel berprestasi.

“Kami sangat bangga dan berterimakasih atas prestasi yang telah diraih atlet-atlet disabilitas Kab. Tuban. Perjuangan dan prestasi mereka sangatlah membanggakan. Ini juga merupakan sejarah karena baru pertama kali kita mampu meraih prestasi sehebat ini. Mengingat NPCI Tuban baru berdiri satu tahun setengah,” ungkapnya.

BORONG MEDALI : Kontingen Tuban foto bersama

Kabid yang juga Sekretaris KONI Kab. Tuban itu berharap perhatian dari pihak swasta di Tuban. Selain untuk prestasi, nama baik daerah, juga sekaligus sebagai kegiatan sosial. “Ke depan kami berharap agar pembinaan atlet-atlet difabel dan masa depan mereka mendapatkan perhatian, utamanya dari dunia usaha dan industri di Tuban,” tegasnya. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos