oleh

Pemerintah Larang Mudik, Polres Tuban Dirikan 4 Pos Pantau

seputartuban.com, TUBAN – Menjelang Arus mudik lebaran, Polres Tuban menggelar operasi keselamatan. Sesuai perintah Kapolda Jatim dalam rangka menindak lanjuti kebijakan pemerintah. Salah satunya untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang kebijakan larangan mudik.

“Tentunya kita akan kordinasi dengan pemerintah daerah untuk menindak lanjuti. Tentunya diperbatasan akan kita tempatkan personil sebagaimana tiap tahun,” kata Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat (16/4/2021).

Ruruh menjelaskan, meskipun bukan dalam rangka penyekatan, tetap akan dibangun pos-pos pelayanan maupun pos pantauan dalam rangka operasi ketupat. Sedangkan pos yang nantinya didirikan berapa di 4 lokasi berbeda.

“Jika ada pemudik yang melanggar nanti akan kita cek. Yang jelas pemerintah sudah menurunkan larangan mudik. Kita cek apakah benar-benar pemudik atau memang dalam perjalanan antar daerah mungkin dari Tuban keluar Tuban atau lain-lain,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi pemudik yang nekat melewati jalan alternatif, Ruruh menegaskan .di Tuban ada perbatasan dengan Jawa Tengah. Pihaknya sudah memerintahkan kepada para personil di pos wilayah. Diantaranya Soko dan jatirogo. Meskipun bukan seperti pos yang di perbatasan Bancar, tetap akan ditempatkan personil.

“Untuk Penekanan angka kecelakaan kita sudah melakukan edukasi-edukasi kemudian pemberian himbauan kepada masyarakat terkait dengan Lakalantas. Kemudian kordinasi dengan pihak terkait yang bertanggung jawab dengan kelayakan jalan. Apalagi menjelang lebaran ini kita lihat nanti jalan-jalan akan terus diperbaiki supaya untuk mengurangi angka kecelakaan,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru