oleh

Pemdes Mentoro dan Pendekar PSHT Jalankan Program Adopsi Pohon

seputartuban.com, SOKO – Kekompakan pemerintah desa (Pemdes) Mentoro, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban bersama pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Mentoro bernilai manfaat. Melalui program Adopsi Pohon, diharapkan dapat bermanfaat untuk lingkungan hingga ekonomi desa.

Kegiatan dilakukan selama 2 hari mulai bersih desa, sabtu (12/12/2020). Kemudian Minggu (13/12/2020) dilanjtukan dengan tanam 500 pohon produktif. Yakni pohon jeruk nipis, nangka, sirsak dan jambu. Ada yang berbeda kegiatan penanaman ini dengan kebanyakan kegiatan lainnya. Karena peserta penghijauan diberikan tanggung jawab masing-masing 10 pohon  untuk diasuh sampai berbuah. Layaknya mengadopsi anak, harus dirawat hingga dewasa. Begitupun serupa dengan adopsi pohon ini.

Sehingga masing-masing peserta, diberikan tanggungjawab moral merawat 10 pohon yang ditanam sampai produktif. Para warga PSHT dan siswa dan masyarakat terlibat dalam kegiatan ini dibagi tanggungjawab tersebut.

Penanaman pohon dilakukan di jalan lingkungan Tanggulkarangkali desa setempat. Diharapkan kegiatan ini tidak formalitas saja, melainkan tanggungjawab moral peduli lingkungan benar-benar dilaksanakan. Dengan menjadikanya adopsi pohon, bagi masing-masing peserta kegiatan.

Nilai manfaat kegiatan ini selain lingkungan, juga bernilai ekonomi dair buahnya, bahkan jangka panjang dapat menjadi modal pengembangan desa untuk menjadi destinasi desa wisata.

Ketua PSHT Rayon Mentoro, Bahrul Fua’d, Senin (14/12/2020) mengatakan selain penanaman pohon asuh juga dilakukan bersih lingkungan. Diharapkan para warga PSHT dan siswa memiliki tanggungjawab lingkungan, sehingga diikat dengan program pohon asuh.

“Kegiatan ini dikonsep dengan model adopsi pohon (pohon asuh) jadi 1 orang dibebanani untuk melakukan perawatan 10 pohon. Agar hidup dan melatih para warga dan siswa untuk tanggung jawab terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mentoro, Padiran mewakili Pemdes mengucapkan terimakasih kepada inisiator adopsi pohon ini. “Terima kasih kepada pihak yang menggagas adopsi pohon ini. Dan tidak lupa kami ucapkan kepada mas-mas yang menanam. Itu semua bentuk kepedulian pada lingkungan. Sekali lagi kami atas nama Pemdes sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” tuturnya. NAL

Terbaru