oleh

Pasukan Raimas Polres Tuban Disiapkan Segala Kondisi

TUBAN

SIGAP CEPAT : Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan saat memberikan instruksi anggota Sat Sabhara
SIGAP CEPAT : Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan saat memberikan instruksi anggota Sat Sabhara

seputartuban.com – 1 Peleton personil Dalmas Sat Sabhara Polres Tuban digembleng menjadi Pasukan Pengurai Massa (Raimas) di halaman belakang Mapolres Tuban, Rabu (21/10/2015).

30 personil dilatih langsung oleh Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan. Agar mereka memiliki kemampuan khusus dalam penanganan gejolak massa baik antar masyarakat maupun saat aksi unjuk rasa.

“Mereka seluruhnya kami siapkan untuk meminimalisir atau antisipasi saat terjadinya perkelahian antar kelompok masa, serta untuk antisipasi bilamana terdapat anarkis saat demonstrasi berlangsung,” terang Kapolres.

Kapolres memberikan instruksi dan contoh penanganan. Personil Rainmas memakai baju pelindung, tameng, flash ball,  Senjata gas air mata disertai senapan V2 diharapkan dapat bertindak cepat dan tepat.

Kemampuan menembak menggunakan gas air mata, penembakan peringatan, menembak dari atas sepeda motor. Penggunaan tameng serta dilatih melakukan mediasi. Selain itu juga dilatih menggunakan sepeda motor 250 cc untuk mengurai massa.

“Harapan kami dengan dilatihnya anggota Dalmas yang disiapkan menjadi pasukan Raimas. Ini bukan hanya akan diaktifkankan untuk mengurai aksi pertikaian dan demontrasi. Mereka juga disiagakan untuk mengurai pada situasi normal dengan melukan patroli,” pungkas Kapolres. ARIF AHMAD AKBAR

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru