oleh

Pangdam V/Brawijaya Resmikan Koramil Baru di Tuban

seputartuban.com, GRABAGAN – Koramil Grabagan 0811/20, jajaran Kodim 0811 Tuban, kini telah diresmikan oleh Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Secara simbolis dilakukan pemotongan pita dan penandatangannan prasasti, Selasa (20/10/2020). Bersama Bupati Tuban dan Dandim 0811 Tuban.

Dalam sambutannya Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Villiala Romadhon mengatakan, proses pembentukan Koramil baru karena pemekaran wilayah di Kabupaten Tuban. Kecamatn  Grabagan diambil dari desa-desa dari yang  berada di Kecamatan Semanding, Kecamatan Rengel dan Kecamatan Soko.

“Bahwa awal sebelum ada anggota Pos Ramil 0811/05 Grabagan bergabung dengan Kantor Satpol PP Kecamatan  Grabagan. Pada tahun 2011 pembanguna Pos Koramil Ramil 0811/05 Grabagan mulai dibangun diatas tanah seluas  1078 Meter persegi,” katanya.

Dandim yang juga seorang pendekar itu menambahkan, pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Tuban menghibahkan bangunan 178 M2 beserta tanahnya ke Kodim 0811/Tuban. Kemudian  pada tanggal 24 Agustus 2020 atas surat keputusan Kepala Staf Angkatan Darat maka Pos Ramil 0811/05 Grabagan berubah menjadi Koramil 0811/20 Grabagan. “Alhamdulilah, yang semula pos Ramil sekarang sudah menjadi Koramil Grabagan,” terangnya.

Selain itu, Bupati Tuban Fathul Huda mengungkapkan, bahwa Kabupaten Tuban selain pertanian  juga merupakan kabupaten Industri Nomor  4 di Provinsi  Jawa Timur. Sebentar lagi menjadi kabupaten industri. “Kabupaten Tuban juga salah satu sentra pertanian di Indonesia, dengan  hadirnya TNI-Polri mafia pupuk di wilayah Tuban sudah tidak lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Usai peresmian Koramil Grabagan, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah kepada awak media berharap dengan adanya Koramil Grabagan  ini dapat semakin memperkuat kerjasama koordinasi dengan Forkopimka. Yang semula 1 Babinsa yang membina 3-4 desa, kini satu Babinsa bisa membina satu desa.

“Dengan keberadaan Koramil  ini tentunya kita sangat mengharap nanti pada Babinsa sudah lebih dekat lagi dengan masyarakat. Untuk melakukan pembinaan yang selama ini sudah bagus dan kedepannya lebih bagus lagi,” harapnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut juga turut hadir jajaran Kodam V/ Brawijaya, Forkopimda Kabupaten Tuban. Dalam acara yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan 100 paket sembako. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru