oleh

May Day 1 Mei 2021 Dan Perjuangan Serikat Pekerja

Pemda Harus Segerakan Melindungi Masyarakatnya Dan Pengusaha Dalam Industrialisasi

KUSMEN : KETUA DPC SPN KABUPATEN TUBAN

Oleh: KUSMEN

Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Tuban

Tahun ini hari buruh jatuh pada hari Sabtu tanggal 1 Mei 2021, hari buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 mei setiap tahunnya. Dikenal dengan sebutan May Day. 1 Mei sebagai Hari Buruh  merupakan sebuah simbol perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan pekerja di seluruh dunia.

Pada masa abad ke-19, hari buruh ini lahir berasal dari rentetan perjuangan para pekerja yang memperjuangkan hak-hak mereka saat kapitalisme tumbuh dan berkembang. Ditandai dengan perkembangan industri yang sangat pesat. Sehingga memberikan perubahan yang sangat drastis, terutama di negara eropa barat serta Amerika Serikat. Ketatnya disiplin serta jam kerja yang sangat intensif dan upah yang sangat minim, serta kondisi kerja yang buruk, melahirkan adanya perlawanan dari para pekerja.

Banyak perusahaan yang memaksa buruh bekerja selama 14, 16, bahkan 18 jam dalam sehari. Sehingga saat itu terjadi perlawanan pekerja dengan tututan utama dari para pekerja adalah waktu kerja yang lebih manusiawi yaitu delapan jam. Angka delapan jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu 24 jam sehari menjadi 8 jam kerja, 8 jam beristirahat dan 8 jam berekreasi.

Hari Buruh Internasional

Peringatan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional erat dengan peristiwa Haymarket. Pada 1 Mei 1886, tepat hari ini 135 tahun lalu, sekitar kurang lebih 350.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran. Di Amerika Serikat, para buruh menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari. Aksi tersebut berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei 1886. Pada tanggal 4 Mei 1886, para demonstran melakukan pawai besar-besaran. Hingga petugas keamanan menurunkan pasukan dan menembaki para demonstran. Sementara itu, diberbagai negara juga terjadi pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil.

Walaupun organisasi pekerja di Amerika Serikat dan eropa barat makin bertambah jumlahnya, masing-masing organisasi pekerja masih merayakan hari buruh ditanggal yang berbeda-beda. Contohnya provinsi Oregon di Amerika Serikat menetapkan hari pekerja pada bulan September. Tanggal 1 Mei baru diperingati sebagai hari buruh setelah terjadinya bentrok antara pihak keamanan dan pekerja yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pada tanggal 4 Mei 1886. Pada tahun-tahun berikutnya, tanggal 1 Mei kemudian digunakan sebagai tanggal untuk memperingati peristiwa berdarah ini.

Baru tahun 1889, tanggal 1 Mei ini dipilih oleh kongres sosialis dunia sebagai hari buruh sedunia. Resolusi merayakan 1 Mei sebagai hari pekerja internasional ini mendapat sambutan hangat oleh seluruh negara. Disinilah awal mula perayaan 1 Mei sebagai hari pekerja yang juga disebut sebagai May Day yang diperingati oleh seluruh kaum pekerja di dunia.

Hari Buruh di Indonesia

Sedangkan di Indonesia, setiap tanggal 1 Mei selalu dirayakan oleh buruh dengan melakukan unjuk rasa diberbagai kota di Indonesia. Hari buruh ini sebenarnya telah diperingati sejak 1 Mei 1920. Namun pada masa orde baru, hari buruh di Indonesia tidak lagi diperingati dan tanggal 1 mei, tidak lagi ditetapkan sebagai hari buruh. Karena gerakan buruh dan perserikatan pekerja selalu dihubungkan dengan paham komunis sejak kejadian G30S pada 1965. Sehingga, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi.

Ketika orde baru berakhir, meski pada tanggal 1 Mei sudah bukan lagi hari libur namun aksi para buruh dan pekerja diberbagai kota di Indonesia kembali marak setiap tanggal 1 Mei. Baru tahun 2013, Pemerintah Indonesia kembali menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari buruh internasional dan penetapannya sebagai hari libur nasional dilakukan pada tahun 2014 lalu.

Perjuangan Serikat Pekerja Nasional (SPN) dimasa Pandemi Covid- 19

Memperingati peristiwa berdarah di Haymarket  pada tahun 1886, perjuangan buruh telah lama diperingati oleh setiap buruh diseluruh dunia dan Indonesia. Bertujuan untuk memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja dan keluarganya. Hadirnya serikat pekerja di lingkungan perusahaan harus disambut dengan hati yang tulus tanpa prasangka buruk. Kehadiran serikat pekerja harus dipandang sebagai mitra kerja pengusaha.

Bukan sebaliknya dan keberadaan serikat pekerja sering kali mendapat intimidasi karena dianggap sebagai penghambat produksi oleh perusahaan. Ini yang belum disadari oleh pengusaha bahwa Serikat Pekerja (SP) sebagai mitra strategis sangat penting sekali perannaya dalam perusahaan untuk melakukan komunikasi dengan perusahaan. Sehingga perusahaan lebih ringan dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan produktifitas kerja. Ketika keberadaan serikat pekerja ada didalam perusahaan.

Peran serikat pekerja dalam menjalin hubungan kerja dengan pengusaha merupakan kepentingan yang harus diperhatikan pengusaha. Karena serikat pekerja sebagai sarana komunikasi yang efektif, dan aspiratif dapat memberikan kontribusi untuk kepentingan pekerja, dan perusahaan dalam proses produksi, sarana protektif bagi pekerja. Selain sarana penyampaian pesan mengenai kondisi perusahaan dan menjaga ketenangan kerja, motivator etos kerja serta sarana perjuangan bagi nasib pekerja.

Dalam melaksanakan hubungan industrial, pekerja dan SP mempunyai tanggungjawab besar, selain menjalankan fungsi atau tugas pokoknya yaitu sebagai pelindung, pembela terhadap hak–hak pekerja juga memperjuangkan kesejahteraan pekerja. Akan tetapi juga ikut memajukan perusahaan dengan menjalankan pekerjaan sesuai dengan kewajiban, dan menjaga ketertiban demi kelangsungan produksi.

Dimana SP tersebut berada sehingga ketika kelangsungan produksi tidak ada hambatan dan produksi meningkat, maka perjuangan SP untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan yang layak bagi pekerja dan keluarganya, dilakukan dengan cara secara demokratis kepada perusahaan sesuai dengan asas hubungan industrial Pancasila.

Kemudian bagaimana cara SPN memperjuangkan anggotanya  di tengah pandemi Covid-19 ?. Saat ini pemerintah telah menghimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid – 19. Maka Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kabupaten Tuban tetap konsisten terhadap perjuangan buruh untuk memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja dan keluarganya.

Akan tetapi sistem perjuangan pekerja disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid–19 saat ini. Dalam perjuangannya DPC SPN Kabupaten Tuban, tetap bekerja dengan menerapkan sistem kerja cerdas. Bukan kerja keras dan memanfaatkan waktu dengan selalu berkomunikasi dengan pihak terkait (Perusahaan, Pemerintah, anggota). Sehingga hal–hal yang menguras tenaga dan berpotensi menimbulkan kerumunan bisa dihindari.

SP harus cerdas dalam perjuangan menghadapi situasi pandemi ini, harus selalu mengutamakan negosiasi. Selalu membangun komunikasi yang intensif dan baik kepada semua pihak dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini ataupun dengan farum–forum diskusi.

Harapan Buruh di Tuban

Dilatarbelakangi perkembangan perusahaan di Tuban semakin pesat, beberapa perusahaan pelat merah dan sebentar lagi mega proyek kilang minyak yang bernama New Grass Root Refinery (NGRR) PT. Pertamina di Tuban akan dikerjakan. Dengan menampung tenaga kerja sebanyak 40.000 pekerja. Pemerintah Daerah (Pemda) dituntut untuk sigap dan cepat mengantisipasi adanya serbuan tenaga kerja dari luar wilayah Tuban. Maka Pemda segera memperbaiki sistem ketenagakerjaan di Tuban.

Dengan dituangkan dalam regulasi yang mengatur tentang ketenagakerjaan lebih tepatnya disebut Perda Tenaga Kerja, yang belum megakomodir kepentingan calon pekerja dan pekerja dituban secara tegas. Sehingga masyarakat di Tuban pra kontruksi bisa bekerja dan paska kontruksi atau produksi bisa bekerja ditempat yang layak.

Pemda segera melakukan adendum Perda nomor 19 tahun 2016 tentang ketenagakerjaan khususnya yang mengatur syarat dan ketentuan perlindungan tenagakerja serta penyerapan tenagakerja lokal dan mengatur tentang syarat–syarat perusahaan alih daya. 

Dengan perubahan Undang– undang Nomor 13 tahun 2003 menjadi Undang–undang nomor 11 tahun 2000 tentang Cipta Kerja yang sampai saat ini masih diperselisihkan di Mahkamah Konstitusi (MK), tentunya harus ada penyesuaian tentang perda nomor 19 tahun 2016. Untuk menjamin kelangsungan bekerja bagi pekerja dan peningkatan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Harapan pekerja dengan adanya perusahaan–perusahaan besar beroperasi di Wilayah Tuban, semakin terjamin kesejahteraan masyarakat pekerja di Tuban. Kesadaran pekerja berserikat untuk membela dan memperjuangkan hak dan kepentingan pekerja, serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya semakin meningkat. Tanpa rasa kekawatiran adanya intimidasi dan pengakuan pengusaha akan pentingnya SP dilingkungan perusahaan harus dilakukan untuk memudahkan koordinasi dan peningkatan produktifitas kerja.

Maka anggapan negatif tentang SP bisa berkurang, tentunya antara SP dan pengusaha bisa menyamakan persepsi perjuangan masing–masing dalam kebersamaan. Untuk mewujudkan asas saling menguntungkan antara pengusaha dan pekerja. Walaupun cara perjuangannya berbeda, yaitu pengusaha menginginkan biaya opersional kecil akan tetapi menghasilkan profit besar dan sebaliknya pekerja bagaimana bekerja sedikit mengelaurkan tenaga akan tetapi gaji besar.

Dalam perbedaan ini mempunyai kesimpulan yang sama yaitu kesejahteraan bisa diraih bersama–sama yang saling menguntungkan. Karena itu, komunikasi dan kerjasama harus dibangun dengan baik antara pegusaha dan SP serta pemerintah sebagai penegak hukum tentunya harus berlaku adil.

Maka yakinlah kesejahteraan akan tercapai demi masyarakat buruh pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Selamat merayakan Hari Buruh Internasional semoga Pandemi Covid–19 cepat berlalu. Salam Yes We.

Alamat kontak person pengirim opini sudah dikirimkan ke redaksi

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru