Published On: Rab, Jul 8th, 2020

Manfaatkan Situasi Pandemi Covid-19, Pemuda Ini Curi Kotak Amal Masjid dan Mushola

seputartuban.com, TUBAN – Saat pandemi Corina Virus Disease 2019 (Covid -19), tempat ibadah yang dihimabu pemerintah untuk tidak melakukan banyak kegiatan di tempat ibadah. Karena untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Situasi ini dimanfaatkan oleh pemuda ini untuk mencuri kotak amal.

Ahmad Bashori (34), warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, dia diduga mencuri kotak amal di Masjid dan Mushola di wilayah Kabupaten Tuban. Agar aksinya lancar, dia memakai sarung saat beraksi dini hari.
“Saat melakukan aksinya yang bersangkutan sempat terekam kamera CCTV menggunakan sarung agar tidak dicurigai, dan rata-rata pelaku melakukan aksinya dini hari,” ungkap Kapolres Tuban AKBP, Ruruh Wicaksono saat pers Release (6/7/2020).

Selain itu, Ruruh menjelaskan, dari pengakuan pelaku, selama sekitar 3 bulan ini dia telah melakukan aksi pencurian kotak amal. Aksinya terekam CCTV, sehingga memudahkan pihak kepolisian untuk melakukan pengembangan kasusnya. “Pelaku berhasil ditangkap di warung kopi Desa Glodok, Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Pada saat ditangkap pelaku tidak melawan dan mengakui semua perbuatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres menambahkan, dari musala dan masjid yang kotak amalnya pernah dicuri, ada yang berisi Rp. 150 ribu sampai Rp. 3,5 juta. “Uang dari hasil pencurian digunakan untuk membeli handphone dan untuk kebutuhan sehari-hari,” imbuh Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pria itu telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal 363 Aya 1 KE 4E dan 5E KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos