oleh

Mahasiswa KKN IAI Al-Hikmah Tuban Latih PKK Kumpulrejo Bikin Emping Jagung

seputartuban.com, PARENGAN – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) PAR IAI (institute agama islam) Al-Hikmah, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban membuat para ibu-ibu di Desa Kumpulrejo, Kec. Parengan, Kab. Tuban lebih produktif.

Pelatihan pembuatan emping jagung  dilaksanakan di serambi Masjid Al Ikhlas, Dusun Krasaan, Desa Kumpulrejo, Rabu (31/08/2022). Melimpahnya hasil panen berupa jagung di desa setempat, dapat dikembangkan menjadi produk bernilai tambah berupa makanan ringan. Sehingga ibu-ibu dapat menghasilkan nilai ekonomi baru dalam keluarganya.

Jagung merupakan potensi sumber penghasilan para petani yang banyak tersedia di desa ini. Namun selama ini hanya dijual ditengkulak, tanpa dimanfaatkan masyarakat menjadi produk olahan dan memiliki nilai tambah. Sehingga dari potensi dan permasalahan tersebut mahasiswa mengadakan pelatihan olahan hasil panen jagung menjadi produk emping jagung.

Dosen pembimbing lapangan (DPL), Mukhotimah menjadi narasumber mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman baru sekaligus menjadi nilai ekonomi baru bagi ibu-ibu.

“Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bisa memberikan pengalaman agar warga di Desa Kumpulrejo mampu memanfaatkan potensi hasil panen jagung dengan maksimal. Dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan motivasi agar masyarakat Desa Kumpulrejo bisa menciptakan UMKM,” harapnya.

Mahasiswa juga menghadirkan pengusaha emping jagung dari Kecamatan Bangilan. Yang mendirikan usaha emping jagung pada tahun 2008 sampai sekarang. Setiap harinya memproduksi kurang lebih 20 kg jagung dengan omset sekitar Rp. 5,7 juta tiap bulan. Jagung dapat diolah menjadi beragam jenis olahan yang dapat menjadi nilai tambah baru.

Mahasiswa mengangkat pelatihan pembuatan emping jagung karena pembuatannya dan bahan mudah serta melimpah. Sehingga dalam pelatihan ini, proses pembuatan emping diperagakan dari awal sampai menjadi produk siap jual berkemasan dengan label.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, masyarakat Desa Kumpulrejo bisa membangkitkan jiwa wirausaha dan dapat membantu meningkatkan penghasilan perekonomian warga”, ucap Ana, salah satu mahasiswa KKN PAR IAI Al-Hikmah Tuban. (Fina Na’imah, Mahasiswa IAI Al-Hikmah Tuban)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.