Luapan Banjir Kali Kening Menurun, Kerugian Belum Dihitung

seputartuban.com, TUBAN – Luapan Kali Kening wilayah Tuban Selatan yang sempat mengakibatkan 5 wilayah kecamatan kebanjiran, Kamis (1/12/2022) kondisinya mulai menurun. Banjir yang semula merendam sejumlah desa sudah kembali normal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Sudarmaji, menguraikan kondisi banjir dipastikan sudah menurun dibanding sehari sebelumnya. Namun perhitungan dampak kerugian akibat banjir masih dilakukan pencatatan oleh petugas. Petugas pada hari kedua masih turun ke kawasan Kecamatan Parengan untuk membantu masyarakat.

“Alhamdulillah untuk sore hari ini air mulai surut, dari 8 desa yang kemarin terdampak, semuanya sudah Kembali normal. Kalau ada genangan, mungkin hanya di persawahan-persawahan itupun tidak terlalu tinggi. Kalau di jalan dan di permukiman air sudah surut semua,” jelasnya.

Saat banjir berlangsung juga menyebabkan sejumlah sekolah terendam. Meninggalkan bekas banjir hingga membuat sekolah tidak layak ditempati. Sehingga pihak sekolah meliburkan proses pembelajaran siswanya. Personil BPBD turun untuk membantu membersihkan sekolah, agar pembelajaran dapat segera dibuka Kembali. “Konsentrasi hari ini teman-teman BPBD membantu pembersihan di beberapa sekolahan,” imbuhnya.

Hasil pantauan seputartuban.com, luapan Kali Kening ini juga menyebabkan kerusakan penahan tanah jalan poros utama Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan. Hampir separuh badan jalan amblas ke sungai. Sehingga sangat rawan bagi pengguna jalan melintas. Nal

Print Friendly, PDF & Email