oleh

KPU Tuban Gandeng Mahasiswa Sosialisasi Pemilih Pemula

TUBAN

EDUKASI : Komisioner KPU Kab. Tuban, Yayuk Dwi S, saat menyampaikan materi sosialisasi Pemilukada Tuban 2015
EDUKASI : Komisioner KPU Kab. Tuban, Yayuk Dwi S, saat menyampaikan materi sosialisasi Pemilukada Tuban 2015

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tuban, Senin (26/10/2015) melakukan sosialisasi kepada pelajar SMA, di rest Area Tuban.

Mereka adalah pemilih pemula yang harus mendapatkan pendidikan politik yang benar. Selain itu sebagai generasi muda sudah tentu pola pikirnya akan sangat mempengaruhi masa depan bangsa. Sehingga penanaman sadar mendukung jalanya Pemilukada sangat penting dilakukan. Diharapkan dengan sosialisasi ini akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 9 Desember 2015.

Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dan Penyebaran Informasi KPUK Tuban, Yayuk Dwi AS mengungkapkan potensi pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi Pemilukada sangat tinggi. “Hak pilih mereka mencapai 20 persen dari total seluruh suara, sehingga ini sangat penting untuk kita garap,” ungkapnya.

KOMPAK : Foto bersama usai acara sosialisasi
KOMPAK : Foto bersama usai acara sosialisasi

Pembekalan sadar demokrasi ini untuk mendorong pelajar menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpinya. Selain itu diharapkan juga dapat mempengaruhi lingkunganya serta sadar tentang bahaya politik uang.

“Pemilih pemula harus kita bekali, dengan harapan agar mereka bisa menggunakan hak pilih dengan baik dan benar. Serta memahami pentingnya berpartisipasi dalam pemilu, mengurangi angka golput dan bahaya politik uang,” imbuh Yayuk.

Sosialisasi serupa akan digencarkan tiap kecamatan untuk melakukan pendidikan kepada pemilih pemula. Pelaksanaanya akan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Ditargetkan 75 persen pemilih dalam Pemilukada mendatang akan menggunakan suaranya. “Kami terus berupaya mengoptimalkan peningkatan partisipasi pemilih dengan target 75 persen,” harapnya.

Sejumlah upaya sosialsiasi dilakukan KPU Kab. Tuban dengan beragam kegiatan. “Beberapa bentuk kegiatan kita upayakan, mulai dari tatap muka, menghadiri kegiatan pengumpulan masa, sosialisasi ke media, serta memasang alat peraga sosialisasi,” jelasnya. USUL PUJIONO

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru