oleh

KPU Kabupaten Tuban Tetapkan Hasil Rekapitulasi Pilkada, Ini Hasilnya

seputartuban.com, TUBAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban,  Selasa (15/12/2020) melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghituangan suara tingkat kabupaten. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban serentak lanjutan tahun 2020. Di salah satu rumah makan di kawasan jalan Muhammad Yamin, Tuban.

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri mengatakan, rapat rekapitulasi tingkat kabupaten tersebut merupakan rapat lanjutan setelah dilakukan rekapitulasi ditingkat kecamatan. “Pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten hari ini berjalan lancar. Dan alhamdulilah tidak ada problem,” katanya.

Kasmuri menjelaskan, Berdasarkan pleno perolehan suara di 20 kecamatan, pasangan calon (Paslon) nomor 1, Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar mendapat 170.955 suara. Paslon nomor 2, Aditya Halindra Faridzki-Riyadi, mendapat 423.236 suara. Sedangkan paslon nomor 3 Setiajit-Armaya Mangkunegara mendapat 110.998 suara.

“Untuk yang sah 705.189 suara, tidak sah 15.900 suara. Jika berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdapat 942.519 pemilih. Paslon Lindra- Riyadi lebih unggul,” jelasnya.

Dalam rekapitulasi ini menghadirkan seluruh unsur yang diamanahi perundang-undangan. Mulai Bawaslu Kabupaten Tuban dan jajaran hingga PPK dan saksi pasangan calon. Hasil rekapitulasi akhir disetujui para pihak terkait tersebut.

Meski dua orang komisioner KPU Kab. Tuban berhalangan hadir dalam rapat pleno ini, namun tetap sah sesuai peraturan perundangan. Karena menurut Ketua KPU Kab. Tuban, keputusan ini merupakan kolektif kolegial. Dari lima komisioner hadir 3 orang dan 2 orang berhalangan hadir. “Ini sudah kuorum, sehingga sudah dapat diputuskan,” tegasnya.

Tahapan ini juga mendapat apresiasi dari para pihak terkait. Karena dari tahapan terendah sampai tingkat kabupaten, nyaris tidak diwarnai protes dari pihak terkait. Termasuk mendapatkan apresiasi dari Bawaslu Kabupaten Tuban. FIK/NAL

HASIL REKAPITULASI KLIK DISINI

Terbaru