oleh

Koperasi Jangan Berperilaku Perbankan

seputartuban.com, TUBAN Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan rasa syukur dan bangga bahwa dimasa-masa akhir pemerintahannya yang akan berakhir pada bulan Juni 2021 ada pembentukan koperasi primer oleh Koperasi Sekunder BUSHIDO Nusantara.

“Koperasi ini adalah yang paling luwes diterapkan di masyarakat, karena bisa diikuti oleh orang yang status ekonominya paling rendah dan status ekonominya menengah keatas,” kata Bupati Tuban saat membuka sosialisasi pembentukan Koperasi Primer oleh Koperasi Sekunder BUSHIDO Nusantara di Pendopo Krido Manunggal, Senin (16/11/2020).

Lebih lanjut, Bupati Huda menerangkan jika Koperasi bersifat gotong royong maka tidak boleh koperasi berubah menjadi perbankan.  “Kalau Koperasi berubah menjadi perbankan bubar saja. Karena koperasi harus menyangga yang lemah, tidak harus seperti perbankan yang memiliki banyak persyaratan. Dan koperasi menjadi sumber penunjang pertumbuhan ekonomi yang paling banyak,” terang Bupati Huda.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustian dan Perdagangan Kabupaten Tuban, Agus Wiyaja saat dikonfirmasi menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan, karena saat ini sudah lebih dari 2,000 koperasi di Kabupaten  sudah terbentuk. Maka untuk memenuhi kebutuhan retail masyarakat yang ada, harapannya seluruh desa kelurahan bisa terfasilitasi dengan koperasi.

“Kita akan lakukan pembinaan dan pembentukan secara teknis Koperasi Bushido Primer di masing-masing desa. Dan untuk jumlah mungkin akan bisa berkembang karena melihat potensi dan antusias masyarakat, ” tegas Agus.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang perkoperasian untuk calon anggota koperasi Primer Bushido Nusantara di Kabupaten Tuban.

Selain itu juga memberikan motivasi untuk masyarakat secara luas, menumbuhkan jiwa enterpreneur, memberikan pengetahuan dan wawasan tentang metode pengembangan ekonomi di bidang perkoperasian, memperluas jaringan masyarakat di Kabupaten Tuban.

Selain Bupati dan Kadis Koperindag Tuban, hadir juga Kepala Koperasi Sekunder Bushido, Hj. Titik Prasetyowati Verdi yang menjadi narasumber dan memberikan sosialisasi pembentukan Koperasi Primer oleh Koperasi Sekunder BUSHIDO Nusantara. RLS/FIK

Komentar

Budayakan komentar dengan santun

Terbaru