Koper JCH Asal Tuban Mulai Di Berangkatkan ke Embarkasi Surabaya

seputartuban.com, TUBAN – Koper Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tuban mulai dikumpulkan di kantor Kemenag Tuban, Senin (29/5/2023). Pengumpulan koper tersebut meliputi JCH kloter 18 dan 19 yang akan berangkat ke embarkasi Surabaya Selasa (30/5/2023) besok.

Kepala Kemenag Tuban, Ahmad Munir  menyampaikan, pengumpulan koper ini khusus untuk jemaah kloter 18 dan 19. Sedangkan yang untuk kloter 24 dikumpulkan Kamis (01/6/2023). “Untuk keberangkatan, besok para JCH sudah kita instruksikan pukul 13.00 wib kumpul di Pemkab, sebab sebelum pukul 16.00 wib rencananya sudah berangkat,” ucapnya.

Menurutnya, lanjut Munir, hal itu untuk menghindari kemungkinan kemacetan di Gresik yang dalam beberapa hari ini sedang ada perbaikan jalan. “Koper JCH berisikan pakaian, alat-alat untuk ihram dan sebagainya. Yang pasti tidak boleh barang terlarang. Jika tahun lalu maksimal 25 kilogram, tahun ini koper muatannya tidak boleh lebih dari 20 kilogram,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya sudah mewanti-wanti kepada kepala regu, kepala rombongan dan KUA agar koper tersebut tidak melebihi kapasitas atau ada barang terlarang yang memungkinkan koper akan dibongkar. “Beberapa hari kemarin ada evaluasi dari Kanwil Kemenag terkait koper JCH yang masih ada melebihi kapasitas, sehingga setelah dibongkar ternyata isinya durian, rokok yang berlebihan,” imbuhnya.

Sementara itu, pria asal Bojonegoro menjelaskan, koper JCH tahun ini beda dengan tahun lalu. Bedanya, koper tahun lalu bisa mengembang dan berkapasitas hingga 35 kilogram, koper tahun ini berbahan plastik, bentuknya pas ukuran maksimal 20 kilogram dan lebih kecil dari tahun lalu. “jika pengumpulan koper ini sudah beres, maka nanti malam akan diberangkatkan ke Surabaya.”jelasnya.

Diketahui, total JCH asal Kabupaten Tuban sebanyak 1.217 jemaah, yang tergabung di kloter 18,19 dan 24. Untuk kloter 18 sebanyak 445 jemaah dan kloter 19 sebanyak 445 jemaah. Akan di berangkatkan menggunakan sebanyak 20 bus. Sedangkan untuk JCH kloter 24 yang berangkat pada 2 Juni bersama JCH asal Lamongan sebanyak 327 jemaah. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email