oleh

Komisi I DPRD Tuban Bawa Kasus Mutasi Pejabat Ke Jakarta

seputartuban.com, TUBAN – Sejumlah pejabat Pemkab Tuban, Rabu (12/01/2022) memenuhi undangan Komisi I DPRD Tuban. Membahas persoalan mutasi pejabat yang dilakukan Bupati Tuban, Sabtu (08/01/2022) lalu.

Sebelumnya,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban bereaksi atas mutasi ratusan pejabat  yang dilakukan Bupati Tuban. Melalui surat nomor 172/29/414.050/2022 perihal Rapat Kerja Komisi I, mengundang Bupati Tuban untuk hadir menjelaskan soal mutasi pejabat dilingkungan Pemkab Tuban.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Tuban, Kepala Bagian Organanisasi Setda Kab. Tuban. Serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kab. Tuban.

Ketua Komisi I DPRD Tuban, Fahmi Fikroni usai rapat menegaskan mutasi yang telah dilakukan menyisakan masalah. Karena tidak ada aturan yang membolehkan pejabat dan eselon di non job. Sehingga pihaknya akan membawa kasus ini ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami menilai bahwa proses mutasi jabatan PNS di Pemkab Tuban masih menyisakan masalah. Karena tidak ada aturan yang membolehkan menonjobkan pejabat dan eselon. Baik PP 11 tahun 2017, PP 17 tahun 2020. Permen PRB no 15 tahun 2015. Untuk itu komisi 1 akan melakukan konsultasi ke BKN, Kemenpan RB dan KASN,” tegasnya.

Anggota dewan juga meminta data detail pejabat-pejabat yang dimutasi secara tertulis. Berikut rincian masing-masing pejabat yang non job, turun eselon dan naik eselon.

“Kami masih menunggu jawaban secara tertulis dan data-data. Jumlah pegawai yang non job serta berapa yang turun eselon dan naik eselon, yang kami minta saat rapat tadi. Sambil menunggu jadwal kami untuk konsultasi ke BKN, Kemenpan RB dan KASN,” imbuhnya.

Karena dinilai melanggar peraturan perundangan, Pemkab Tuban diminta segera menyesuaikan kembali pejabat yang telah dimutasi. Yang mengalami non job maupun penurunan eselon. “Dan kami meminta untuk segera menempatkan para pejabat yang masih di non job kan, dan menyesuaikan pejabat-pejabat yg diturunkan eselonnya,” tegasnya. NAL

Update : Masalah Mutasi Ratusan Pejabat Tuban, Turun Eselon Dan Non Job Karena Penyesuaian SOTK

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru