oleh

Kodim 0811 Tuban Lakukan Reboisasi Sejuta Pohon

seputartuban.com, TUBAN – Kodim 0811 Tuban  yang bekerja sama dengan Perhutani KPH Parengan  serta para pihak terkait melakukan reboisasi sejuta pohon di petak 12B RPH Guwoterus BKPH Mulyoagung, Jumat (27/11/2020).

Dalam Acara tersebut juga turut hadir Kapolres  Tuban, Kepala Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD), Forkopimka Montong serta Kecamatan Singgahan dan Pramuka Wira saka Kartika.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf  Viliala Romadhon mengatakan, dengan melakukan reboisasi ini, agar hutan tidak menjadi gundul dan rusak. Selain itu, kurangnya lahan hijau akan berdampak buruk terhadap ketersedian air. “Kami berharap hutan tetap terjaga kelestariannya dan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan umumnya Kabupaten Tuban,” ucapnya.

Adapun Jenis tanaman yang di tanam yakni jenis Sengon dan Balsa. Karena menurutnya, tanaman sejenis balsa sangatlah cocok dan bisa dikembangkan. “Masyarakat masih bisa bercocok tanam dengan cara tumpang sari dengan tanaman musiman dan dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Administratur Perhutani KPH Parengan, Setyo Salindra Putri menyampaikan, pihak Perhutani membuka lebar kepada semua pihak untuk menghijaukan kembali hutan yang semula tandus. “Kerjasama dengan Kodim sangat saya harapkan, lokasi ini bisa menjadi hutan, sehingga keseimbangan alam bisa terjaga,” ungkapnya.

Banyak nilai manfaat kegiatan reboisasi ini untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Baik untuk kepentingan masyarakat sekitar maupun dunia internasional. “Dengan menanam pohon ini, dapat mencegah musibah tanah longsor, mencegah terjadinya bahaya banjir dan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab dari pemanasan global,” RHOFIK SUSYANTO

Terbaru