oleh

Kerang Kehidupan Warga Perbon

TUBAN

SEMANGAT : Warga saat mencari kerang di kawasan pantai untuk menambah penghasilan keluarga
SEMANGAT : Warga saat mencari kerang di kawasan pantai untuk menambah penghasilan keluarga

seputartuban.com – Sebagian warga Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban rela disengat terik matahari untuk mencari kerang di pantai. Rutinitas ini dilakukan untuk menambah penghasilan keluarga.

Kerang yang berada di kawasan pantai satu persatu dikumpulkan lalu dijual. Meski matahari sangat terik, mereka tak mempedulikan agar kerang yang dikumpulkan banyak.

“Mau kerja apa lagi, kita tidak punya pekerjaan tetap,” kata Warsi (42), warga setempat saat mencari kerang, Jumat (23/10/2015) siang.

Dalam sehari ia mampu mengumpulkan kerang sekitar 2 Kg sampai 4 Kg. Kemudian dijual dengan harga Rp. 24 ribu tiap Kg. “Selain untuk dijual, kerang hasil carian ini juga untuk dimakan sendiri,” sambungnya.

Warga semangat berburu kerang karena tidak sepanjang tahun dapat dilakukan. Hanya musim kemarau saja, mereka dapat penghasilan tambahan dari berburu kerang tersebut. Saat kemarau ini, warga memanfaatkan kesempatan musim kerang untuk menambah pendapatan keluarga.

Hasil kerang buruan direbus agar mudah dibuang cangkangnya. Kemudian dijual kepada pengepul maupun warga lain yang membutuhkanya untuk lauk makan. “Kalau musim hujan kita tidak bisa mencari kerang sebab ombaknya tinggi,” ujar Edi warga lainya. MUHLISHIN

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru