Published On: Kam, Mei 21st, 2020

Kekompakan Sistematis Warga Pasekan Bisa Jadi Inspirasi

seputartuban.com, PALANG – Kekompakan masyarakat RT 02 RW 01, Dusun Pasekan, Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban bisa jadi inspirasi. Pasalnya secara mandiri dan sistematis, dapat membantu warganya disaat dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta menjelang Idul Fitri 1441 H. Khususnya warga kurang mampu setempat.

Rabu (20/5/2020), Rukun Tetangga (RT) setempat melaksanakan kegiatan bakti sosial. Dengan memberikan bantuan kepada fakir, miskin, yatim piatu dan warga terdampak Covid-19. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas 4 tahun tiap menjelang Idul Fitri. Jika sebelumnya membagikan 35 paket sembako, untuk kali ini mampu meningkat menjadi 80 paket. “Mungkin semangat warga untuk saling peduli meningkat, sehingga paketnya meningkat,” kata Ketua RT setempat, Anwar Zen.

RUTIN BERBAGI : Berbagai sesama yang membutuhkan sudah menjadi rutinitas tahun warga

Selain dari sumbangan warga dan donatur luar daerah, dana kegiatan rutin ini dari hasil Koperasi Wanita (Kopwan) Maju Sejahtera, Tabungan Bank Sampah Maju Sejahtera.

“Kita berupaya dan kompak untuk menggali potensi kita masing-masing untuk sama-sama membantu tetangga kita. Baik potensi yang dimiliki pribadi maupun secara sistem. Jika banyak RT yang mau seperti ini, jelas daerah dan negara kita kuat. Karena masyarakatnya kompak saling menguatkan,” katanya.

Seluruh potensi organisasi dalam lingkup RT diberdayakan dan kompak. Sehingga dapat melaksanakan kegiatan inspiratif. “Terima kasih seluruh warga, donatur, pengurus RT, PKK, Sub Karang Taruna yang sudah gotong royong untuk saling menguatkan membantu bersama,” katanya.

Tidak hanya ini, atas kreativitas dan kekompakan, RT wilayah ini juga berhasil meraih prestasi. Yakni lomba Cleen and Green tingkat Kec. Palang. Lomba KIB (Kampung Idaman Berseri ) Tingkat Kabupaten serta Lomba Pawai Nusantara. Bahkan pernah menjadi Kampung Sadar Pemilu yang disertifikasi KPU dan Bawaslu Kabupaten Tuban. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos