Kapolres Tuban Turun Tangan, Siagakan Personil Hingga Turunkan Brimob Amankan Pengesahan Warga Baru SH Terate

seputartuban.com, TUBAN – Kepolisian Resor Tuban menggelar tactical floor game (TFG) dalam rangka kesiapan pengamanan pengesahan warga baru perguruan silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) cabang Tuban pusat Madiun, Selasa (18/07/23) sore.

Kapolres Tuban AKBP Suryono, didampingi Wakapolres, Kompol Palma Fitria Fahlevi, turun langsung memberikan aragan kepada para pejabat utama serta Kapolsek jajaran. Untuk memastikan pemahaman dan kesiapan anggota Polres Tuban dalam menjalankan tugasnya.

Pengesahan sekitar 1.562 warga baru PSHT itu rencananya akan dilaksanakan pada Kamis (20/07/23). Dalam pengamanan Pengamanan pengesahan warga baru PSHT tersebut melibatkan personel Polres Tuban. Satu Kompi Brimob Polda Jawa timur dan dibantu TNI serta stakeholder terkait, di samping itu juga melibatkan Pengamanan Terate (Pamter).

Selain melaksanakan pengamanan, Polres Tuban beserta jajarannya juga akan melaksanakan penyekatan massa penggembira yang datang dari luar Tuban. Ada 22 titik penyekatan yang akan diprioritaskan dalam pengamanan kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Tuban mengatakan TFG digelar untuk mengetahui cara bertindak pada saat pengamanan nanti. Sehingga nanti para personel yang ditugaskan dalam pengamanan dapat memahami tugas pokok, fungsi dan peran masing-masing. “Tujuan TFG ini untuk menjelaskan rangkaian tindakan yang akan kita lakukan jika terjadi sesuatu,” ucapnya.

Rencana pengamanan dan rekayasa lalu lintas serta pos pengamanan

Suryono menegaskan kepada seluruh peserta TFG agar saat melaksanakan pengamanan tidak hanya berfokus pada penyekatan. Karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, meskipun sudah dilakukan penyekatan, namun sebagian besar massa penggembira masih bisa lolos hingga sampai lokasi Pengesahan. “Yang perlu kita antisipasi adalah ketika sudah kumpul di padepokan,” terang perwira Polisi kelahiran Bojonegoro itu.

Kepada jajarannya, yang akan melaksanakan pengamanan, Suryono meminta agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. “Segera laporkan pada kesempatan pertama ketika ada kejadian, sehingga yang ada di Polres bisa antisipasi untuk kejadian itu” tutupnya.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berlangsung aman, selain menyiapkan 22 titik penyekatan, juga akan dilaksanakan patroli di wilayah perbatasan. Untuk meminimalisir penggembira dari luar yang akan menuju wilayah Kabupaten Tuban.

Sebelumnya pada Senin (17/07/23), juga dilaksanakan rapat koordinasi persiapan pengamanan pengesahan warga baru dengan menghadirkan seluruh Ketua Ranting dan Ketua SH Terate Cabang Tuban. RLS

Print Friendly, PDF & Email