oleh

Kampung Bahari Nusantara di Pulau Soop Papua Barat Ditinjau Pangkoarmada III

seputartuban.com, Sorong Papua Barat – Panglima Komando Armada III/ Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H.,CHMRP.,M.TR.(Opsla) dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah melaksanakan peninjauan ke  Kampung Bahari Nusantara di Pulau Soop Sorong kepulauan Papua Barat.(30/12/21)

Dalam kunjungan tersebut, Pangkoarmada  III didampingii oleh Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI DR. Toto Dwijaya Saputra S.T., M.SI(Han)., M.TR.Opsla., Kapok Sahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Budi Jatmiko, S.T., M.A.P., CHRMP dan pejabat Koarmada III lainnya menggunakan KAL Badai dari Katapop Kabupaten Sorong menuju Pulau Soop  Sorong.

Setiba di Pulau Soop, Pangkoarmada III dan rombongan disambut Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla. beserta Ketua  Korcab XIV Daerah Jalasenastri Armada  III Ny. Anik Imam Musani di Dermaga Pulau Soop, selanjutnya melaksanakan jalan sehat  sekitar 4 Km menuju Klaster Kesehatan dan Klaster Pendidikan.

Dalam peninjaun tersebut, Pangkoarmada III dan rombongan melihat dan mengecek langsung fasilitas Kesehatan  dan kelengkapan Rumah Pintar serta Toko Primkopal Lantamal XIV  yang ada di Pulau Soop untuk mengetahui sejauhmana perkembangan dari Program Kampung Bahari Nasional yang berada di wilayah kerja Lantamal XIV Sorong.

Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI Angkatan Laut. Program ini dilaksanakan di seluruh wilayah Pangkalan TNI Angkatan Laut, baik Lantamal maupun Lanal, dimana sebelumnya  Kampung Bahari Nusantara telah  dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut   Laksamana TNI Yudo Margono, dengan  Lima Program/ Klaster, yaitu Klaster Pertahanan, Kesehatan, Pendidikan, Pariwisata dan Ekonomi.

Adapun tujuan Kampung Bahari Nusantara/ KBN adalah untuk mempercepat roda perputaran ekonomi masyarakat serta pemberdayaan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal dan diharapkan masyarakat yang berdomisili di seluruh pesisir nusantara  dapat lebih maju dari sisi ekonomi, kesehatan, pendidikan, pariwisata dan pertahanan. TIMOTIMUS/RLS/Dispen Koarmada III

Print Friendly, PDF & Email