Jalan Rusak, Camat Montong Akan Panggil Penambang

seputartuban.com, MONTONG – Kondisi jalan raya Montong – Tanggulangin, Kecamatan Montong kondisinya semakin rusak. Diduga kuat disebabkan aktivitas truk muatan hasil tambang yang melintas di kawasan tersebut.

Kondisi jalan yang cukup sempit menjadi sibuk dari sebelumnya setelah aktivitas pertambangan di wilayah tersebut dimulai. Badan jalan untuk dilalui secara bersamaan dari kedua sisi cukup sempit. Belum lagi beban jalan yang diluar kebiasaan, diduga menjadi penyebab kerusakan semakin cepat.

Beberapa ruas jalan, nampak rusak dan semakin luas. Ditambah kondisi hujan, menambah cepat kerusakan. Serta semakin membahayakan pengguna jalan, khususnya para pemotor. Apalagi kawasan tersebut saat malam hari tidak ada penerangan jalan. Padahal jalan tersebut sering dilalui warga Desa Tanggulangin, Desa Manjung maupun sejumlah desa di kawasan Kecamatan Parengan sisi utara. Serta jalan alternatif dari wilayah Kecamatan Montong menuju Kecamatan Parengan.

Camat Montong, Chiko Irwanto, Senin (31/10/2022) menegaskan dirinya akan memanggil penambang di kawasan tersebut. Karena sebelumnya, penambang mengaku siap memperbaiki jika terjadi kerusakan jalan akibat truk pengangkut hasil tambang.

Menurut Chiko, jalan tersebut tahun ini sudah mendapatkan dana perawatan dari Dinas PUPRPRK Kab. Tuban namun dia tidak hafal detailnya. Sebelumnya, saat penambang akan melakukan operasi, berkoodinasi dengan pihaknya dan setuju melakukan penanganan dan perbaikan setiap terjadi kerusakan lingkungan akibat aktivitas pertambangan.

“Untuk pengusaha tambang diwaktu sebelum beroperasi sempai koordinasi dengan kecamatan. Saya minta jika ada kerusakan, menjadi tanggungjawab tambang mereka menyetujui. Dalam waktu dekat, karena kerusakan semakin banyak segera akan kami panggil lagi untuk kami mintai konfirmasi dan koordinasi selanjutnya,” tegasnya.

Ditegaskan, sudah ditegaskan kepada pihak penambang, jika mereka siap tanggungjawab atas segala kerusakan lingkungan, maka diperbolehkan. Hal itu juga sudah disetujui penambang. “Bersama Forkopimka kita akan melakukan koordinasi selanjutnya untuk melakukan penanganan akibat dari aktivitas tambang tersebut,” pungkasnya.

Kondisi tidak jauh beda juga menurut pantauan seputartuban.com juga tejadi di sejumlah wilayah kecamatan lainnya. Pasalnya tambang maupun pengolahan hasil tambang juga beberapa diantaranya masuk jalan kecil. Adapula yang melakukan pelanggaran tonase jalan. Kondisi itu masih berlangsung hingga berita ini ditulis. Nal

Print Friendly, PDF & Email