oleh

Inovasi Kinerja, Jaksa dan Polisi Supervisi Agroforestry Perhutani KPH Parengan

seputartuban.com, TUBAN – Administratur (Adm) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan, melakukan inovasi dalam pengelolaan agroforestry tahun 2022. Demi mewujudkan kinerja yang aman dan nyaman.

Adm Perhutani KPH Parengan, Slamet Juwanto dihadapan Kepala Kejaksaan Negeri Tuban (Kajari) bersama staf dan apparat Polres Bojonegoro menjelaskan mekanisme program agroforestry yang 85 persen lebih berada di wilayah hukum Kabupaten Tuban.

Manajemen menggunakan sistem berlapis untuk penagihan kepada pesanggem melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Dengan menggunakan lacak balak, diharapkan secara administrasi dan kondisi lapangan sama. Melalui formulir yang beragam serta kuitansi, para petugas di lapangan dapat berkolaborasi dengan pengurus LMDH.

Sistem ini kemudian disampaikan kepada aparat hukum untuk dilakukan supervisi jika ada kelemahan secara hukum maupun administrasi akan diperbaiki.

“Ini dalam rangka Good Governance Corporate, kedepan pelaksanaan kami bisa lebih baik lagi. Kami ingin bekerja yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Tuban, Suhendri menyampaikan pihaknya menerima baik inisiatif KPH Parengan. Pihaknya akan melakukan pendalaman materi terlebih dahulu dan berkonsultasi ke Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim sebelum menyampaikan hasil suprevisi.  

“Memang kami memiliki wewenang soal keuangan negara. Untuk pola administrasi nanti tim parengan akan bertemu dengan tim kejaksaan. Ini kita saling membantu dan saya akan konsultasi ke Kejati. Karena ini baru pertama kali bisa jadi percontohan untuk lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kajari mengungkapkan dalam mewujudkan hutan lestari dan kesejahteraan masyarakat sejatinya adalah tugas semua pihak. Sehingga diperlukan kolaborasi lintas lembaga. “Kalau kita sinergi bisa dilaksanakan dengan baik, termasuk peran pemerintah daerah,” katanya.

Diketahui, KPH Parengan menggelar pertemuan pertama supervisi agroforestry, Jumat (01/04/2022) di salah satu rumah makan kawasan jalan Basuki Rahmat Tuban. Dengan menghadirkan Kajari Tuban beserta staf, Reskrim Polres Tuban. Serta para Pejabat perhutani KPH Parengan dan praktisi lapangan. red

Terbaru