Imam Masjid di Tuban Bakal Terima Dana Kehormatan Rp. 1 Miliar

Anggaran Dana Kehormatan Imam Dari Pemprov Jatim

seputartuban.com, TUBAN – Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tuban masa khidmat 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Ketua Pengurus Wilayah DMI Jawa Timur, Muhammad Roziqi, Selasa (14/02/2023).

Bertempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban, pengukuhan pengurus turut dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Yudi Irwanto, Kabag Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Tuban, Joko Purnomo, Ketua Baznas Tuban, Agus Suryanto, Camat dan Ketua KUA se-kabupaten Tuban.

Ketua PW DMI Jatim, Muhammad Roziqi mengungkapkan DMI harus mampu mewujudkan masjid yang membawa manfaat bagi warga disekitarnya. Manfaat tersebut bukan hanya berkaitan dengan dakwah Islam, tetapi juga manfaat ekonomi, sosial, dan aspek lainnya. “Karenanya perlu ada kolaborasi antara pengurus DMI dan Pemkab Tuban serta masyarakat,” ungkapnya.

Roziqi yang juga Ketua Baznas Jawa Timur menekankan masjid harus menjadi pusat pengembangan umat. Karenanya, perlu dikembangkan koperasi masjid berbasis syariah. Sehingga masjid bukan hanya berupa dakwah namun juga penggerak ekonomi jamaah. Selain bidang ekonomi, pengurus masjid dapat menyelenggarakan kegiatan sosial lainnya, diantaranya bakti sosial dan donor darah.

Lebih lanjut, Pemprov Jatim bekerjasama dengan DMI Jawa Timur memberikan apresiasi kepada imam masjid di Jawa Timur berupa Dana Kehormatan Imam. Kebijakan ini guna mendukung syiar islam dan memotivasi imam. Dana kehormatan bagi imam di Jawa Timur mencapai Rp 31 miliar yang bersumber dari dana hibah Provinsi Jawa Timur. “Terkhusus untuk Kabupaten Tuban kami alokasikan dana Rp. 1 milar bagi 400 imam di kabupaten Tuban,” jelasnya. Saat ini tengah dilakukan pendataan dengan melibatkan pengurus DMI dan takmir hingga tingkat desa.

Staf Ahli Bupati Tuban, Yudi Irwanto menyampaikan pesan Bupati Tuban kepada pengurus DMI Tuban untuk senantiasa berkolaborasi dengan Pemkab Tuban kaitannya peningkatan kualitas sumber daya manusia di kabupaten Tuban. Penguatan karakter berlandaskan tuntunan dan kaidah Islam menjadi modal penting pembangunan. “Pengurus DMI diharapkan menjadi teladan bagi jamaahnya,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PD DMI Tuban, Ashabul Yamin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pengurus. Amanah tersebut akan dijalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab. “Kami juga mohon arahan dan petunjuk dari PW DMI Jatim dan Pemkab Tuban agar selalu bisa berkontribusi bagi masyarakat Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Untuk diketahui, jajaran Pengurus Daerah DMI Kabupaten Tuban diketahui oleh Ashabul Yamin, dengan Sekretaris dijabat Khoirul Muqim dan Bendahara dijabat oleh Imam Bukhori. RHOFIK SUSYANTO/ami

Print Friendly, PDF & Email