Published On: Ming, Okt 27th, 2019

Gubernur Jatim Secara Resmi Buka MTQ XXVIII

seputartuban.com, TUBAN – Bertempat di Alun – alun Kabupaten Tuban, Gubernur Jawa Timur dengan didampingi Ketua DPRD Jatim dan anggota DPR RI beserta Bupati Tuban, membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ) Provinsi jatim ke XXVIII, Sabtu (26/10/2019).

RESMI DIBUKA : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat memukul bedug membuka MTQ

Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan kehadiran para kafilah selain untuk berkompetisi juga membawa berkah bagi kabupaten Tuban. “Rasa terimakasih dan bersyukur atas penunjukan sebagai tuan rumah MTQ Jawa timur ,dan Kami akan menyelenggarakan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Lebih lanjut, bupati dua periode itu menjelaskan pada tahun 2019 , Pemkab Tuban telah menaikkan bisaroh bagi guru TPQ. Juga memberikan insentif bagi guru TK/RA serta guru yang tidak termasuk non PNS maupun GTT. Tidak hanya itu, pemkab juga menyerahkan hibah kepada 400 TPQ dan Ponpes. “Terkait dengan program one pesantren one produc, Pemkab Tuban juga akan menerapkannya di Bumi Wali. Harapannya dapat mendukung upaya Pemprov Jatim dalam menyejahterakan masyarakat, termasuk kalangan pesantren,” tegasnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya sangat apresiasi atas antusias warga Kabupaten Tuban yang menjadi Tuan Rumah MTQ Jatim. Selain itu, Gubernur juga mengajak kepada masyarakat untuk memahami dan mengamalkan kaidah Al-Qur’an. “Karena dalam Pengamalan Al-Qur’an akan menciptakan masyarakat saling menghormati dan saling menghargai,” kalau.

Selain itu, Khofifah menjelaskan, pada gelaran MTQ yang ke 28 ini sudah menggunakan teknologi digital dalam penyelenggaraannya. Dan Jawa Timur ditargetkan dapat memperoleh juara umum MTQ Nasional pada Juni tahun 2020. “Oleh Karena itu harus disiapkan dengan semaksimal mungkin dan didukung oleh semua pihak,” jelasnya.

Diketahui, MTQ ke-28 tingkat Jawa Timur dimulai sejak 26 Oktober hingga 2 November 2019. Diikuti sebanyak 1778 peserta dengan rincian 1.320 peserta dan 458 official. Para kafilah tersebut akan berkompetisi pada 7 cabang lomba dengan 23 golongan. Adapun tema yang diangkat adalah “Melalui MTQ ke-28 Jatim tahun 2019, Kita Tingkatkan Pemahaman Al-Qur’an Untuk Kemajuan Bangsa”. Dalam perhelatan akbar ini juga dihibur penampilan band papan atas yakni Wali Band. Serta disiarkan langsung melalui salah satu televisi swasta di Jatim. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos