oleh

Gelombang Tinggi, Tongkang Didamparkan

Penulis : Hanafi

JENU

seputartuban.com – Kapal Tongkang pengangkut batu bara, Sinar Mulia, didamparkan di Pantai, Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jumat (11/1/2013).

Kapal tongkang yang berasal dari batam itu, sengaja didamparkan oleh tugboad yang menariknya. Dari penuturan warga sekitar, Saifuddin (24) mengatakan bahwa, kapal tongkang tanpa muatan ini sudah sejak Kamis (10/1/2013) terdampar di bibir pantai.

Terlihat, kandasnya kapal tongkang hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai. Dan hingga kini belum dievakuasi. “Sudah kemarin, anginnya kencang ini. Diperkirakan air pasang sehingga tongkang hingga terhempas sampai pantai, ” ujarnya.

Terpisah, Kepala Penanggung Jawab, Pelabuhan PT. Semen Gresik, Aris, saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa, nahkoda tugboad TP Sempati yang menarik kapal tongkang  tersebut memang sengaja melepaskan kapal tongkang bawaanya.

Karena sebelumnya sudah mendeteksi bahwa gelombang laut tinggi mencapai 3 hingga 4 meter. Hal ini yang menjadikan tali kwing kapal tongkang terputus. Sehingga kapal tongkang terlepas.

“Nahkoda TB sempati mengetahui kalau ketinggian ombak sudah mencapai 5 meter. Selain itu angin bertiup kencang dan tali jangkarnya putus. Ada 7 Anak Buah Kapal (ABK) dan 2 Nahkoda didalamnya, ” ungkapnya.

Foto : Kondisi tongkang yang terdampar

Terbaru