oleh

Gelar Simulasi Bersama, Pastikan Prokes Covid-19 Dipatuhi Dalam Pilkada

seputartuban.com, TUBAN – Meski Pandemi covid-19 belum berakhir, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban akan tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Untuk mencegah terjadinya klaster baru setelah pelaksanaan Pilkada, beragam upaya dilakukan. Salah satunya dilakukan Polres Tuban dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Selasa (01/12/2020). Di halaman Mapolres Tuban dilaksanakan simulasi pelaksanaan pemilihan tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Simulasi ini dibuat mendekati aslinya. Dengan menghadirkan petugas TPS seluruhnya. Mulai personil Kelompok Panitia Pemilihan Suara (KPPS) hingga aparat keamanan. Dalam simulasi tersebut sebelum TPS dibuka untuk pemilih, petugas menyemprotkan cairan disinfektan. Selanjutnya petugas KPPS beserta para saksi memasuki TPS dengan menerapkan Prokes.

Adapun tahapan simulasi yang dilakukan antara lain, didalam TPS sudah disiapkan kursi yang sudah diatur jaraknya dan hanya dibatasi 12 pemilih yang ada di dalam lokasi. Tiap pemilih yang akan masuk ke area pencoblosan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan yang telah disediakan oleh panitia.

Selanjutnya, pemilih diukur suhu badannya dan disediakan sarung tangan. Jka suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius dianjurkan untuk menunggu beberapa menit untuk diukur kembali suhu badannya. Namun jika suhu badannya masih diatas batas maksimal disediakan bilik pencoblosan khusus.

Jika pemilih yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berada ditempat isolasi. Jika akan menggunakan hak pilihnya sudah disiapkan petugas untuk mendatangi tempat isolasi didampingi saksi dan petugas kesehatan dengan menggunakan APD lengkap.

Usai simulasi, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, menjelaskan, terkait dilaksanakan Simulasi pencoblosan ditengah Pandemi covid-19 ini. Petugas-petugas KPPS yang dilibatkan dalam simulasi adalah petugas yang nyata dan akan bertugas di TPS. “Mudah-mudahan bisa memberikan pemahaman dan menyakinkan masyarakat bahwa Pilkada dimasa pandemi covid-19 ini sesuai dengan protokol kesehatan,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ikhsan, menegaskan simulasi ini nantinya yang akan diterapkan disemua TPS. Selain itu juga untuk menarik antusiasme pemilih agar masyarakat tidak ragu untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang.
“Saya himbau kepada masyarakat Tuban untuk tidak ragu datang ke TPS pada 9 desember mendatang. KPU sudah menyiapkan aturan protokol kesehatan yang ada di TPS. Dan surat pemberitahuan datang ke TPS sudah tertera jam kedatangan,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru