oleh

Evaluasi Pemilu dan Pemilih, Bawaslu Tuban Gandeng USB

seputartuban.com, TUBAN – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Tuban, melaksanakan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan dari sudut pandang praktisi, Rabu (9/12/2021). Di Ruang Rapat Universitas Sunan Bonang (USB).

Tujuan digelarnya kegiatan untuk menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2024 untuk menumbuhkan partisipasi Masyarakat menuju Demokrasi yang berkualitas.

Wakil Rektor 1, Universitas Sunan Bonang, Sulistyani Eka Lestari  dalam sambutannya mengatakan Bawaslu USB karena civitas akademika yang independen. Sehingga mampu menilai dengan lebih obyektif.

“Dengan adanya acara evaluasi ini berharap, mahasiswa dan dosennya sebagai insan intelektual tentunya lebih dewasa menjadi pemilih. Sebagai agen perubahan, mahasiswa harus menjadi motor penggerak demokrasi yang berkualitas,” katanya.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kabupaten Tuban, Sunarso mengungkapkan, Pemilu dan pemilihan bertujuan untuk mendapatkan  pemimpin yang berkualitas. Sehingga dapat menumbuhkan iklim demokrasi yang berkualitas pula. Namun pada prakteknya pemilu harus dikawal dengan serius, sehingga berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi untuk  menjaring partisipasi pemilih pada pemilu selanjutnya dan sebagai Evaluasi tentang penyelenggaraan pemilu,” ungkapnya. Diketahui, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Pengawasan partisipatif antara Bawaslu dan USB. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru