oleh

Dua Atlet Disabilitas NPCI Tuban Lolos Peparnas Papua

seputartuban.com, TUBAN – Keterbatasan fisik tak menghalangi para penyandang disabilitas untuk tetap semangat dalam berolahraga. Seperti halnya yang dilakukan oleh Cuk Hariadi, warga Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Dia berhasil lolos dalam seleksi Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Tahun 2021. Dari cabang olahraga (cabor) sepakbola Cerebral Palsy (CP) yang akan diselenggarakan di Papua dalam National Paralympic Commite Indonesia (NPCI).

Peparnas sendiri merupakan suatu ajang yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON). Tapi pada kompetisi ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas di Indonesia. “Ada 2  atlet yang kemungkinan akan dipanggil seleksi oleh NPCI Jatim. Jika lolos akan menjadi bagian dari tim atau kontingen Provinsi Jawa Timur,” ungkap  Sekretaris Koni Tuban, Zainal Maftuhien saat dikonfirmasi, Rabu(23/6/2021).

Zainal menambahkan, selain Cuk Hariadi ada juga Qosim dari Kecamatan Soko yang juga  penyandang tuna netra dari Cabor Catur. Dia juga lolos untuk mewakili Jawa Timur. Tidak hanya itu kemungkinan atlet NPCI Tuban yang akan mengikuti Peparnas bisa bertambah.

“Lebih jauh saya berharap hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kita, khususnya teman-teman disabilitas yang lain. Bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi untuk berprestasi dan produktif, ” katanya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru