Published On: Sel, Okt 29th, 2019

DLH Akan Tidak Tegas Pembuang Limbah Kelaut

seputartuban.com, TUBAN – Dinas lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Tuban, sudah mengambil sempel air limbah pengelolaan ikan yang diduga mencemari lingkungan di Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Untuk dikaji lebih dalam dampak lingkungannya akibat limbah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Bambang Irawan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Bambang Irawan, Senin (28/10/2019) usai mediasi konflik seismik di Balai Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan atas keresahan warga yang melihat pembuangan limbah tersebut. Kemudian tim dari dinasnya mengambil sampel air untuk diteliti. Hasilnya menunggu hasil uji labolatorium. “Nanti kita lihat kandungan airnya dan perubahan warna, karena air tersebut menimbulkan gatal-gatal,” katanya.

Dijelaskan ketentuan perizinan pembuangan limbah ke laut harus mengurus hingga ke kementrian, tidak hanya kabupaten saja. Terkait perizinan pabrik di Desa Boncong, Kecamatan Bancar dia belum mengetahui apakah sudah berizin atau belum.

“Saya lihat dulu berkasnya, apakah perusahaan itu sudah memiliki izin dari kementrian apa belum. Sedangkan terkait izin, kalau ijin ke kementrian yaitu langsung ke kementerian sendiri,” tegasnya.

Sanksi penutupan usaha dapat dilakukan Sat Pol PP jika melanggar ketentuan. Sedangkan DLH memiliki kewenangan menutup akses pembuangan limbah agar pencemaran lingkungan tidak semakin parah. “Kalau bersalah ya diambil tindakan bersalah, kalau terbukti benar- benar mencemari kita tindak tegas karena ada undang-undangnya,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos