oleh

Ditengah Pandemi Kemenag Tuban Berbagi

seputartuban.com, MONTONG – Wujud nyata kepedulian Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Senin (8/2/2021) membagikan bantuan kepada ustadz/ustadzah dan warga yang membutuhkan di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Paket sembako, mukena dan faceshield dibagikan kepada penerima. Penyerahan bantuan dipimpin langsung Kepala Kemenag Tuban, Sahid didampigi Kasubbag TU dan sejumlah kepala seksi beserta humas kantor.

Dalam sambutannya, Sahid mengatakan yang dilakukan ini wujud komitmen nyata dari Kemenag untuk membantu sesama. Apalagi saat ini dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) sangat dirasakan masyarakat. “Semoga saja bantuan Ini bisa sedikit membantu atau bisa meringankan beban ditengah pandemi ini,” katanya.

Dipilihnya tempat ini dikarena di Desa Guwoterus merupakan binaan Baznas Tuban sebagai desa berbasis sedekah. Serta binaan Kemenag Tuban dalam bidang dakwah melalui gerakan masyarakat. Hingga saat ini gerakan tersebut masih terus berjalan. “Wujud apresiasi kami dan kepedulian kami. Semoga kita dapat saling memberikan manfaat kepada sesama,” imbuhnya.

Melalui dana zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Tuban yang terus meningkat diharapkan dapat menjangkau lebih banyak dan lebih luas penerima manfaatnya. “Semula hanya infaq. Perlahan kita arahkan ke Zakat. Alhamdulilah sampai hal ini sudah menjadi komitmen bersama. Semua ASN Kemenag sudah berzakat 2,5 persen,” jelasnya.

Mewakili masyarakat penerima sekaligus tokoh penggerak sosial setempat, Cipnal Muchlip M, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kemenag Tuban beserta jajarannya yang telah peduli kepada masyarakat. “kami sangat bahagia menerima bantuan untuk masyarakat kami. Ini sangat bermanfaat dan berharga bagi masyarakat, karena sangat membutuhkan,” ungkapnya.

Dilanjutkan selama ini Kemenag Tuban sudah membantu kegiatan dakwah di desa ini. Diantaranya keberadaan radio dakwah yang dijalankan secara suka rela. “Sebelumnya penyiar dan operasional kami tanggung sendiri secara swadaya selama beberapa tahun. Alhamdulillah belakangan ini sudah dibantu. Sehingga meringankan beban sekaligus menambah semangat kami,” tuturnya.

Kepedulian Kemenag Tuban ini sangat membantu masyarakat. Sesuai hasil survey BPS Tuban, selama pandemi Covid-19 tahun 2020, pengangguran terbuka dan kemiskinan di Kabupaten Tuban meningkat. Sesuai pemberitaan seputartuban.com sebelumnya.

Kemiskinan di Tuban Naik 1,33 persen, Ini Penyebabnya Dibanding 2019, Tahun 2020 Pengangguran Terbuka di Tuban Naik 4,81 Persen

RHOFIK SUSYANTO

Terbaru