oleh

Disuruh Sesepuh, SMPN 1 Kerek Pulangkan Pagi Siswanya

Insiden SMPN 1 kerek
Insiden yang terjadi di SMPN 1 kerek

Penulis : Hanafi

KEREK

seputartuban.com – Insiden terjadi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kerek melaksanakan upacara bendera di halaman sekolah, Senin (21/1/2013). Siswinya sempat pingsan, lantaran diduga karena kesurupan. Kemudian pihak sekolah, memulangkan pagi siswanya usai kejadian ini.

Saat seputartuban.com mendatangi sekolah tersebut, Senin pagi. Siswa nampak sudah dipulangkan. Hanya didapati penjaga sekolah dan sejumlah guru. Kepala SMP N 1 Kerek, Samsul Hudah, saat dikonfirmasi berdalih pihaknya sengaja memulangkan pagi muridnya untuk mengantisipasi adanya kekhawatiran para murid yang kelelahan.

Selain itu, juga menurut sesepuh, dianjurkan semua murid agar dipulangkan. Alasan ini, saat ditanyakan kepada Kepala Sekolah (Kepsek) ini tidak disampaikan dengan jelas. Hanya mengatakan bahwa dirinya mematuhi perintah sesepuh tersebut.

Disoal insiden sejumlah muridnya yang diduga kesurupan, Kepsek membantah keras. Selain itu, Kepsek juga tidak terima jika di sekolahnya dikatakan terjadi kesurupan.

“Sesepuh dawuhnya bilang gitu jadi dipulangkan. Saya tidak terima kalau dikatakan kesurupan. Tidak ada yang kesurupan. Kalau ada yang bilang kesurupan silahkan saja. Tidak usah menulis kesurupan. Lebih baik menyumbang semen buat mushola saja,” katanya.

Terpisah, Kapolsek Kerek, AKP Elis Suendayati, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa peristiwa yang mengegerkan ini berawal saat sekolah melakukan upacara bendera. Tiba-tiba saja salah satu murid ada yang kesurupan. Tidak hanya satu bahkan ada 3 murid yang awalnya mengalami kesurupan.

Terkait nama-nama murid yang mengalami kesurupan, Kapolsek mengaku tidak hafal satu persatu namanya. Namun dari penuturannya, setelah banyaknya murid yang mengalami kesurupan tersebut tersadarkan diri, akhirnya dipulangkan ke rumahnya masing- masing. “Kasian ya, tadi yang kesurupan sudah sadar dan sudah dipulangkan,” ungkapnya.

Terbaru