oleh

Denda Pajak Dihapus Balik Nama dan Mutasi Gratis

TUBAN

grafis: seputartuban.com
grafis: seputartuban.com

seputartuban.com–Kabar gembira bagi pemilik kendaraan bermotor semua jenis yang telat membayar pajak. Kebijakan penghapusan sanksi adminstrasi atau bunga bagi pajak kendaraan bermotor (PKB) yang populer dengan istilah pemutihan ini, berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2015.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi, mengatakan program pemutihan ini sebagai upaya meringankan beban masyarakat yang terlambat membayar pajak kendaraan bermotor.

“Begitu juga untuk proses balik nama kendaraan dan biaya mutasi kendaraan dibebaskan,” tegas Dyno di Mapolres Tuban, Jumat (02/10/2915) pagi.

Menurut dia, dasar program pemutihan tersebut adalah Peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 53/2015 tanggal 29 September 2015.

“Bukan pajaknya yang dihapus. Tapi denda keterlambatan yang meliputi pembebasan sanksi administrasi atau bunga pajak kendaraan bermotor untuk kendaraan jenis roda dua, tiga, empat atau lebih serta kendaraan umum yang berplat kuning,” ungkap Dyno.

Dia menjelaskan, untuk penghapusan bunga atau denda balik nama kendaraan bermotor hanya berlaku untuk kepemilikan kendaraan kedua.

Sedangkan pemberlakukan penghapusan sanksi bunga atau pembebasan denda PKB berlaku untuk semua jenis kendaraan. Dyno menegaskan, untuk melakukan pemutihan pajak, wajib pajak dapat datang langsung ke kantor Samsat di Jalan Teuku Umar Tuban dengan membawa KTP, surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Sedangkan bagi wajib pajak yang BPKB-nya masih berada di pihak leasing tetap dapat mengikuti pelaksanaan pemutihan pajak. Sebagai pengganti dapat meminta surat keterangan dari leasing.

Pemutihan pajak kendaraan bermotor bisa menjadi pilihan menarik bagi penunggak pajak selama bertahun-tahun. ARIF AHMAD AKBAR

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru