oleh

Dansat Brimob Polda Jatim Motivasi Nasionalisme Siswa SH Terate Cabang Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jatim, Kombes Pol. Guruh Arif Darmawan, Jumat (27/05/2022) malam memberikan pembekalan kepada calon pendekar SH Terate Cabang Tuban tentang wawasan kebangsaan.

Hal ini dilakukannya sebagai wujud kepedulian terhadap warisan leluhur Indonesia yang diakui dunia berupa pencak silat sekaligus upaya memperkuat cinta tanah air di kalangan pendekar.

Orang nomor satu di Brimob Jatim tersebut menyampaikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang). Meliputi pemahaman Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Peran pendekar sangat penting dalam mewujudkan empat dasar tersebut.

Dengan didikan SH Terate yang didalamanya sudah mendidik muatan wawasan kebangsaan dalam bentuk ajaran akan semakin menguatkan para pendekar SH Terate terus memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Ditengah oknum yang masih perlu diingatkan menyalahgunakan keahlian pencak silatnya, sebagian besar para pendekar diharapkan tetap menjalankan ajaran dari para leluhur SH Terate. “Kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari apa yang telah diajarkan. Sehingga bangsa dan negara ini menjadi lebih kuat,” katanya.

Kombes Guruh juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SH Terate Cabang Tuban, yang selalu berupaya mewujudkan serta mengamalkan ajaran SH Terate. Dalam memberikan materi  pembekalan kepada calon warga. Selain itu, pembekalan (Wasbang) tentunya sangat penting bagi calon warga, agar dapat dijadikan penguat untuk mengamalkan ajaran SH Terate.

“Dengan diberikannya  Wasbang ini harapannya, calon warga nantinya dapat mencintai tanah airnya. Dapat hidup disiplin dan tentunya dapat menghargai tentang perbedaan,” harapnya.

Diketahui, selain para calon warga (sebutan siswa yang akan diwisuda), juga hadir anggota Komisi III DPR RI, Wakil Bupati Tuban, Kapolres Tuban dan jajaran serta para pengurus SH Terate Cabang Tuban. RHOFIK SUSYANTO