oleh

Dampak Banjir, Dinas PU Ajukan Dana Perbaikan Rp. 200 Juta

TUBAN

seputartuban.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban akan mengajukan dana Rp. 200 juta untuk perbaikan sejumlah infrastruktur rusak akibat diterjang banjir bandang. Serta banjir luapan sungai bengawan solo.

Sisi Badan Jalan rawan longsor
BAHAYA : Sisi jalan longsor rawan bagi pengguna jalan, akibat banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, choliq qunnasich, saat dikonfirmasi kemarin mengatakan pihaknya akan mengajukan dana tersebut yang bersumber dari dana tanggap darurat bencana. Untuk dipergunakan perbaikan jalan dan jembatan yang rusak akibat diterjang banjir. “Kalau perbaikan secara keseluruhan kita belum bisa. Karena APBD sudah disetujui oleh DPRD, kita akan lekukan pembenahan sementara untuk jalan dan jembatan yang rusak,” jelasnya.

Saat ini anggaran 2014 sudah berjalan, sedangkan kebutuhan perbaikan secara detail masih dihitung Dinas PU. “Nanti akan kita usulkan untuk PAK 2014, namun untuk jalan yang hampir putus akan kita kasih bronjong atau gedek dan diuruk dengan pendel. Sambil menunggu penganggaran, karena prosedur kegiatan kontruksi belum kita lakukan,” jelasnya.

Kholiq menambahkan, dirinya sudah melakukan kordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan akan mengajukan dana tanggap darurat sebesar Rp. 200 juta.

Akibat banjir beberapa waktu lalu, kerusakan infrastruktur diantaranya terdapat di Kecamatan Kerek, jalan hampir putus dan tanggul waduk singkil, jembatan dan tembok pendamping jalan ambrol. Di Kecamatan Grabagan, jalan rusak, di Kecamatan Singgahan jalan poros kecamatan dikawasan Nglirip longsor, dan di Kecamatan Soko terdapat jembatan Jebol. (lis)

Terbaru