oleh

Covid-19 Melonjak, Komisi 4 DPRD Tuban Panggil Dinas Kesehatan dan RSUD

seputartuban.com, TUBAN – Menyikapi lonjakan kasus Corona Virus Diesase 2019 (Covid-19) di Kabupaten Tuban, Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, memanggil pejabat Dinas Kesehatan dan RSUD dr. R Koesma Tuban serta RSUD Aly Mansyur, Kamis (1/7/2021) untuk dengar pendapat.

Dalam pertemuan itu, diantaranya membahas ketersediaan tempat tidur di Ruang isolasi, tenaga kesehatan, obat-obatan dan juga oksigen. Serta pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Tuban. “Termasuk tenaga pendidik yang  harus sudah  tervaksin secara  keseluruhan. Karena mengingat rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka,” ungkap Ketua Komisi 4, Tri Astuti.

Politisi Partai Gerindra itu juga mengungkapkan, dari data tenaga pendidik sebanyak 21.343 sudah tervaksin 20.709. Untuk itu diharapkan 634 tenaga pendidik yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera mendatangi Puskesmas terdekat. “Dan kerja yang  luar biasa pencanangan percepatan vaksinasi di Tuban, telah terlaksana sampai dengan  30 juni telah tervaksin sebanyak 123.242 orang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, untuk menyikapi permasalahan tentang lonjakan Covid -19, maka Komisi 4 DPRD Tuban merekomendasikan kepada Dinas Kesehatan agar Satuan Tugas (Satgas) bekerja ekstra. Dengan melakukan komunikasi, koordinasi, kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan Satgas Covid-19 dengan TNI dan POLRI. Kemudian, meningkatkan testing dan tracing. Serta mengoptimalkan peran Satgas Covid ditingkat desa maupun kelurahan dan rekruitment tenaga kesehatan terlatih dan sopir ambulance.

Selain itu, penambahan tempat tidur untuk mengurangi beban kerja rumah sakit dan tenaga kesehatan termasuk penambahan Ruang  isolasi dan ICU. Dengan prinsip pelayanan bahwa dalam  keadaan darurat tidak boleh menolak pasien. “Ketersediaan APD dan obat-obatan, dan evaluasi pelanggaran prokes saat antri pelaksanaan vaksinasi.optimalkan  sistem rujukan di puskesmas. Serta Agar di buat RS khusus Covid. Dalam hal ini hasil rapat kerja disepakati RS Ali Mansyur Jatirogo,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru