oleh

Bupati Tuban Upayakan Bengawan Solo dan Anak Sungainya Jadi Solusi Petani

seputartuban.com, SENORI – Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan petani, dapat terhalang karena ketersediaan air untuk kebutuhan pertanian. Bupati Tuban, Aditya Halindra Fardizky, Kamis (12/08/2021) di Desa Leran, Kecamatan Senori saat panen raya benih jagung hibrida.

Dia menyampaikan langkah yang ditempuh untuk memberikan solusi ketersediaan air bagi para petani kawasan Kec. Senori dan sekitarnya. Khususnya saat musim kemarau agar petanian tidak terganggu.

Diantaranya adalah mengoptimalkan kembali fungi bendungan yang sudah ada, serta menyiapkan bangunan embung sebagai tempat penyimpanan air ketika musim penghujan tiba. Selain itu, saat ini pihaknya sedang koordinasi dengan otoritas bengawasn solo untuk penggunaan air bengawan dan anak sungainya. “Saat ini kami bersama Dinas Pertanian masih melakukan pemetaan wilayah, kami juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo,” katanya.

Menurut dia, beberapa hal yang kini masih ditempuh diantaranya adalah menghitung luasan lahan pertanian diwilayah Kecamatan Senori  serta Kecamatan Bangilan. Untuk diketahui kebutuhan air selama masa tanam hingga panen. Serta melakukan pemetaan untuk diketahui perihal status kepemilikan lahan.

Jika lokasi pertanian warga berdekatan dengan hutan, maka pihaknya akan mengerjakan pembangunan embung pada beberapa titik. Pengerjaan sarana infrastruktur tersebut bakal difungsikan sebagai tempat menyimpan air jika musim hujan tiba. Sekaligus diharapkan dapat mengendalikan banjir.

Upaya lainya adalah, mengoptimalkan kembali fungsi bendungan anak sungai bengawan solo seluas 2.522 Ha yang terletak di Dusun Mundri, Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan. Hingga menyiapkan jaringan irigasi berikut sarana pendukung lainya.

“Jadi nantinya, jika jaringan irigasi pertanianya dari embung, maka petani berkewajiban membagi hasil panennya dengan pihak perhutani. Jika jaringan irigasinya dari bendungan maka mereka berkewajiban membagi hasil pertanianya dengan pengelola,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Terbaru