oleh

Bulan Maret Kepastian Pemberangkatan Haji 2021

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah RI membatasi waktu kepastian keberangkatan haji tahun 2021 ini dilaksanakan atau tidak, pada bulan Maret 2021. Hal itu masih menunggu dari Pemerintah Arab Saudi. Meski belum pasti keberangkatan, namun Calon Jamaah Haji (CJH) diminta melakukan sejumlah hal, karena banyaknya persiapan yang harus dilakukan. Sehingga setiap saat ditetapkan berangkat haji, penyelenggara sudah tidak kelabakan.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum menegaskan pemerintah memberikan batasan penetapan keberangkatan haji pada Maret 2021. Jika pada bulan itu, pemerintah Arab Saudi belum memastikannya, maka pemerintah akan membatalkan pemberangkatan haji pada 2021 ini.

“Kita yang ada di daerah  menunggu keputusan dari kementrian agama. Karena sampai saat ini masih belum ada kejelasan untuk pemberangkatan haji 2021,” ungkapnya.

Umi menjelaskan, meski belum ada kepastian pemberangkatan haji 2021, pihaknya  tetap mempersiapkan sejumlah hal, seperti yang diperintahkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jatim. Yakni meminta kembali paspor dari jamaah untuk dikumpulkan. Kemudian pada akhir februari ini akan di kirim ke Kanwil Kemenag Jatim sekaligus scan lembar pelunasan pembayaran dan vaksin meningitis.

“Karena sebagai persyaratan pembuatan visa yang jelas sudah kita siapkan semuanya. Ketika nanti sudah ada pemberitahuan secara resmi untuk pemberangkatan haji maka kita tinggal melakukan manasih haji saja,”  jelasnya.

Umi menambahkan, jika jadi ada pemberangkatan haji, perkiraan kelompok terbang (kloter) pertama diberangkatkan pada bulan Juni. Sedangkan persiapan yang harus dilakukan mulai dalam dan luar negeri sangat banyak. “Kalau kita siap tapi yang panitia diluar negeri dengan waktu yang sedikit apakah juga siap dengan jangka waktu yang pendek itu,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru