oleh

Belum Jelas Prioritas Lansia Diberangkatkan Haji Tahun 2020

seputartuban.com, TUBAN – Sesuai UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji, perekrutan Calon Jamaah Haji (CJH) lanjut usia (lansia) tidak melalui usulan bawah. Namun diambilkan dari data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang diambil prosentase.

ilustrasi jamaah haji lansia

Menanggapi hal ini, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum menegaskan CJH Lansia akan mendapatkan prioritas pemberangkatan ke tanah suci. Namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) Lansia yang masuk kategori prioritas.

“Memang undang -undangnya sudah ada tapi Juknisnya kami belum tahu. Sistem afirmasi dari pusat,” kata Umi Kulsum, kepada seputartuban.com, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, Umi juga menjelaskan terkait dengan dengan nama-nama jamaah  yang akan diprioritaskan juga belum di ketahui. Karena untuk jumlahnya akan diambil berapa persen secara nasional. “Jadi kami belum mengetahui apakah  Tuban masuk dalam kategori yang diprioritaskan atau tidak. Sampai saat ini kami juga masih menunggu petunjuk dari Kementrian Agama,” pungkasnya. Untuk di ketahui, Sejauh ini pendaftar calon jamah haji di kabupaten Tuban selama 2019 mencapai 4.930 pendaftar dengan masa tunggu 28 tahun. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru