oleh

Bawaslu Deklarasikan Perempuan Pengawas Pilkada 2020 Secara Profesional

seputartuban.com, TUBAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban, menggelar Deklarasi Perempuan Pengawas Pilkada 2020 di salah satu hotel di Tuban, Rabu (25/11/2020).

Dalam kegiatan deklarasi tersebut, juga turut diikuti sebanyak  100 peserta perempuan. Yang terdiri dari unsur Panwascam 12 orang dan dari 88 pengawas kelurahan/Desa (PKD). Mereka merupakan kepanjangan tangan Bawaslu ditingkat kecamatan dan desa. Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Moh. Amin. 

Dalam sambutannya, Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Tuban Marfuah, menyampaikan.kegiatan deklarasi diawali dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para PKD yang secara resmi telah melakukan kerja pengawasan di tingkat kelurahan maupun desa. “Usai Bimtek, kegiatan kita lanjutkan dengan Deklarasi Perempuan Pengawas Pilkada 2020 se-Jawa Timur yang dilaksanakan serentak, termasuk Bawaslu Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Adapun poin dari deklarasi tersebut, Marpuah menegaskan ada 6 poin penting yang tertuang. Pertama, menegakkan kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilihan, dengan bekerja profesional, independen dan berintegritas. “Kedua, mendorong untuk mengutamakan gender dan keterwakilan perempuan melalui penguatan budaya kerja pengawasan serta inisiatif kebijakan lembaga yang responsif gender,” tegasnya.

Lalu yang ketiga, masih menurut Marpuah, menolak segala bentuk intimidasi dan kekerasan yang mencederai semangat penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas dan bermartabat. Keempat, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan, khususnya perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya. “Kelima, menjunjung tinggi supremasi hukum dalam penyelenggaraan pemilihan yang berkeadilan. Dan terakhir yang keenam, mewujudkan penyelenggaraan pemilihan yang aman, damai lancar bersih dan sehat,” tutupnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru