oleh

Bansos Covid-19 Dari BLT Dana Desa Jangan Dipotong Alasan Apapun

seputartuban.com, TUBAN – Bantuan Langsung Tunai (BLT) sumber Dana Desa (DD) sebesar Rp. 600 ribu akan segera diterima warga miskin yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid -19). Serta tidak sedang menerima bantuan dari pemerintah.

BLT DD adalah bantuan yang diberikan menggunakan anggaran Dana Desa untuk membantu kondisi masyarakat desa prasejahtera yang terdampak baik langsung maupun tidak langsung pandemi COVID-19.

ilustrasi uang

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (Dispemas) dan Keluarga Berencana (KB), Nurjanah menjelaskan pihaknya belum mengetahui mulai tanggal berapa BLT DD tersebut akan di salurkan. Namun pencairannya diupayakan ini. “Untuk tanggalnya kita tidak menentukan tapi bulan Mei ini kita upayakan untuk cair,” katanya, Selasa (12/5/2020).

Tiap desa memiliki situasi berbeda. Yakni terkait mekanisme pemerintahan desa. Misalkan musyawarah desa (Musdea) berbeda pelaksanaannya tiap desa. “Kami belum menerima laporan Jumlah penerima BLT DD secara keseluruhan dari 311 desa yang ada di kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Sementara itu, Nurjanah juga menegaskan penerimaan BLT DD untuk 3 bulan dan nominalnya menyesuaikan dengan pusat yakni Rp. 600 ribu. Untuk penyaluran dalam bentuk tunai dan tidak boleh dipotong untuk alasan apapun.

“Bansos itu tidak ada pajak. Tidak ada potongan apapun, sehingga kami berharap disalurkan sesuai aturan,” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru