oleh

Bangun Taman 2 Tahun Habis Rp. 2 Milliar Lebih

seputartuban.com, TUBAN – Untuk memperindah wajah Kabupaten Tuban, beragam upaya dilakukan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan melakukan pembangunan taman di wilayah kota.

Salah satunya adalah pembangunan Taman Sumur Gemuling pada tahun anggaran 2019 dan tahun 2020. Pembangunan dilakukan secara bertahap dan membutuhkan waktu 2 tahun. Dengan total biaya Rp. 2 miliar lebih.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PRKP Kabupaten Tuban, Sumarno mengatakan konsep Taman Sumur Gemuling itu menjadi tempat untuk bersantai. Maka dari itu diberikan fasilitas kursi, air mancur, tempat swafoto dan tempat olahraga.

“Dan ketepatan juga disitu dibangun Mall Pelayanan Publik( MPP). Secara otomatis nantinya akan banyak orang yang bersantai di sekitar taman Sumur Gemuling,” katanya, Jumat (8/1/2021).

DIBANGUN DUA TAHUN : Suasana ruang terbuka Taman Sumur Gemuling

Lebih lanjut dijelaskan, disekitar Taman Sumur Gemuling, juga akan dibangun perkantoran. Antara lain Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban dan Kantor Dinas PRKP  serta Balai Diklat. “Nanti di sekitaran taman akan dibangun perkantoran,” imbuhnya.

Disinggung mengenai anggaran, pihaknya  menambahkan pembangunan taman dilakukan dilakukan sejak 2019-2020 dengan 3 tahap. Dengan menggunakan dana APBD dan P-APBD .

“Untuk tahap pembangunan yang  pertama dan kedua menggunakan  APBD dengan PAPBD 2019. Kenapa jaraknya dekat, karena proses lelang tahun kemarin kami mengajukannya awal tahun. Tapi selesainya sampai akhir dan bersamaan. Yang ketiga peningkatan sarana dan prasarana menggunakan APBD 2020,” imbuhnya.

Adapun tahapan pengerjaan yang dilakukan antara lain tahap pertama pengurukan total, pembuatan taman, pintu jalan masuk tengah, dan pemasangan paving. Kedua, pembuatan kolam air mancur, penanaman tanaman-tanaman dan bangunan bagian  belakang. Ketiga, tulisan sumur gemuling , gapura dan pohon pule serta alat olahraga.

Hasil pengamatan lapangan, hanya ada 1 papan proyek terpampang. Yakni Pembangunan RTH Publik dan Taman Aktif Al Falah. Dengan nilai biaya Rp. 719.846.000 yang dikerjakan oleh CV Maha Karya. Dengan mulai pekerjaan pada bulan September 2019 selesai pada Desember 2019. Ini merupakan proyek kedua di kawasan tersebut.

HANYA SATU : Satu-satunya papan proyek di kawasan Taman Sumur Gemuling

Berdasarkan informasi dari Sumarno, program pertama telah terealisasi Rp. 900  juta lebih. Serta program ketiga menghabiskan dana Rp. 400 juta lebih. Sehingga jika ditotal, anggaran pembangunan kawasan Taman Sumur Gemuling menghabiskan dana sekitar Rp. 2 miliar lebih. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru