400 Polisi Tuban Jaga Makam Sunan Bonang

TUBAN

SUHARTONO: Yang pasti tidak akan dilakukan penutupan atau pengalihan jalur arus lalu lintas di kawasan pantura mulai Jalan RE Martadinata hingga Panglima Sudirman sampai Jalan Manunggal.
SUHARTONO: Yang pasti tidak akan dilakukan penutupan atau pengalihan jalur arus lalu lintas di kawasan pantura mulai Jalan RE Martadinata hingga Panglima Sudirman sampai Jalan Manunggal.

seputartuban.com–Puncak peringatan haul Sunan Bonang yang jatuh Kamis (20/11/2014) malam diantisipasi Polres Tuban dengan menerjunkan 400 personil.

Sebagaimana tahun sebelumnya, dalam malam puncak haul ikon Wali Songo tersebut puluhan ribu orang dari berbagai daerah di Tanah Air akan tumplek di sekitar Alun-alun, kawasan makam Sunang Bong di Kutorejo Gang IV, Masjid Agung, dan bahkan massa akan meluber hingga memenuhi separoh space seputaran Kota Tuban.

Ke 400 personil yang akan dikerahkan Polres Tuban tersebut terdiri dari satuan Sabhara, Reskrim, Intel dan satuan Lalu Lintas. Selain itu juga ada jajaran TNI, Satpol PP serta barisan Ansor serbaguna (Banser) akan ikut mengamankan kegiatan yang akan dilaksanakan di Alon-alon Tuban ini.

Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Suhartono, mengatakan mulai Selasa (18/11/2014) hari ini sudah menerjunkan satuan Sabhara yang akan bertugas melokalisir para pedang kaki lima yang akan berjualan di lokasi puncak acara haul yakni di kawasan Alon-alon.

“Semua anggota akan kita siagakan pada hari puncak acara haul yaitu Kamis (20/11/2014),” tandas Suhartono, Selasa (18/11/2014) pagi.

Sementara untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang sering terjadi di tengah kerumunan massa, Polres Tuban telah menyiapkan skenario dengan menempatkan anggotanya di titik-titik rawan aksi kriminalitas.

Selain itu juga melakukan pengaturan arus lalu lintas, agar pengguna jalan tidak merasa terganggu dengan adanya kegiatan tersebut.

“Yang pasti tidak akan dilakukan penutupan atau pengalihan jalur arus lalu lintas di kawasan pantura mulai Jalan RE Martadinata hingga Panglima Sudirman sampai Jalan Manunggal,” katanya.

Pada bagian lain, Suhartono mengimbau kepada pengunjung agar berhati-hati dan selalu waspada terhadap barang bawaannya dan tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal.

“Jangan memakain perhiasan berlebihan. Kemudian bagi yang membawa anak kecil supaya lebih berhati-hati,” tandas dia.  MUHLISHIN

Print Friendly, PDF & Email