oleh

28 Anggota Polres Tuban Yang Pernah Terpapar Covid-19 Jalani Screening Donor Plasma

seputartuban.com, TUBAN – Kebutuhan plasma darah konvalesen  di Kabupaten Tuban semakin tinggi, semakin membuat sejumlah pihak bekerja keras. Termasuk Polres Tuban bekerjasama dengan PMI Kabupaten Tuban melaksanakan skrining donor plasma darah, Senin (01/02/2021) di Gedung Sanika Styawada, Polres Tuban.

Sebanyak 28 anggota Polres Tuban yang pernah terpapar Corona Virus Disease (Covid-19) menjalani pemeriksaan secara bergantian. Tujuannya mereka diharapkan dapat menjadi pendonor plasma darah bagi pasien Covid-19.

Proses skrining dimulai dengan pendaftaran, pemeriksaan tensi, pengambilan sample darah serta pemeriksaan riwayat penyakit. Setelah lolos tahapan screening, selanjutnya mereka akan diambil plasmanya untuk diberikan kepada pasien yang terinfeksi Covid-19. Agar kondisi kesehatan pasien tidak semakin buruk.

“Jadi yang hadir disini tidak serta merta bisa mendonorkan plasmanya. Harus mengikuti skrining terlebih dahulu setelah lolos nanti juga akan di tes melalui laborat. Setelah benar-benar memenuhi syarat baru bisa diambil plasmanya,” ucap dr. Tita, dari PMI Kabupaten Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, kegiatan ini untuk membantu pencarian plasma yang langka. Karena pendonor harus sudah pernah terinfeksi Covid-19. Sehingga pencairan pendonor ini tidak mudah. “Kita berharap nantinya ketika sudah di dapatkan plasma supaya diprioritaskan untuk anggota polri yang terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk purna Polri,” harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru