oleh

Wujudkan Merdeka Belajar, USB Jalin Kerjasama Dengan Politeknik Mapena

seputartuban.com, TUBAN – Untuk mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah hak mahasiswa untuk belajar tiga semester di luar program studi, Univeritas  Sunan Bonang (USB) Tuban menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) atau kesepakatan bersama dengan Politeknik Pertanian Tuban, Rabu (3/3/2021).

Adapun tujuan dari MOU ini  karena melihat banyaknya potensi di Kabupaten Tuban. Mulai dari pertanian dan peternakan. Selain itu, Tuban juga merupakan salah satu kabupaten penyangga ketahanan pangan.

Dekan Fakultas Pertanian USB,  Kristiawan mengatakan, kerjasama dengan Politeknik Mapena selanjutnya akan dilanjutkan pihak pakultas yang ia pimpin. Karena MOU dilakukan antar perguruan tinggi. Sedangkan pelaksanaan MBKM diurusi fakultasnya.

Kemudian, ada sinergi bersama diantaranya pertukaran mahasiswa dengan proses belajar. Termasuk diantaranya adalah pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Nanti dengan adanya kerja sama ini kita bisa membangun dua kampus ini lebih maju, dan kita bisa membantu pemerintah daerah untuk memberikan kontribusi atau kajian-kajian ilmiah. Dapat digunakan oleh para pihak dalam membangun Tuban khususnya di bidang pertanian,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban, Ali Saifudin menambahkan, hadirnya fakultas pertanian di USB dan program studi tanaman maupun peternakan sangat sesuai dengan potensi daerah. “Sehingga penandatangan MOU adalah awal bagaimana kita investasi terkait sumberdaya manusia,” ungkapnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru